Sabtu 09 Jun 2018 18:54 WIB

Cina Berikan Medali Persahabatan kepada Putin

Medali Persahabatan adalah penghargaan tertinggi Cina yang diberikan ke tokoh asing.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Didi Purwadi
Vladimir Putin
Foto: EPA/Alexey Nikolsky
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina, Xi Jinping, menghadiahkan Medali Persahabatan kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin. Ini merupakan medali pertama yang diberikan Republik Rakyat Cina.

Pemberian medali ini dilakukan di sela-sela kunjungan Putin ke Cina pada Jumat (8/6). Seremoni digelar di Aula Besar Rakyat di Beijing. Dalam acara tersebut turut hadir anggota Komite Tetap dari Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Cina.

"Sebagai pemimpin negara besar dengan pengaruh global, Presiden Putin adalah teman lama dan teman baik dari rakyat Cina," ujar Xi Jinping dalam pidatonya di acara seremoni tersebut, dikutip laman Xinhua.

"Terima kasih kepada Presiden Putin, hubungan bilateral telah bertahan dari ujian situasi internasional yang selalu berubah," kata Xi menambahkan.

Pernyataan Xi yang terakhir menekankan bahwa hubungan Rusia dan Cina memiliki ikatan kuat serta strategis. Pada kesempatan itu, Xi pun menyatakan akan bekerja sama dengan Putin guna mengantar masa depan yang lebih cerah bagi hubungan bilateral kedua negara.

Putin mengungkapkan rasa terima kasihnya yang mendalam kepada Xi. Menurutnya, Medali Persahabatan yang diberikan kepadanya bukan hanya penghargaan tertinggi bagi dirinya sendiri. Medali tersebut telah mencerminkan tingkat tinggi koordinasi kemitraan strategis komprehensif Rusia dan Cina.

"Kami menghargai kemitraan strategis yang komprehensif antara Rusia dan Cina," ujar Putin.

Medali Persahabatan merupakan penghargaan tertinggi Cina yang diberikan kepada orang atau tokoh asing. Mereka yang menerima penghargaan ini dianggap telah memberikan kontribusi luar biasa terhadap upaya modernisasi Cina, mempromosikan kerja sama antara Cina dan dunia, dan menjaga perdamaian dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement