Ahad 10 Jun 2018 10:46 WIB

Pesawat Kargo Kim Jong-un Bertolak ke Singapura

Pesawat kargo Ilyushin-76 singgah di Guangzhou sebelum lanjut terbang ke Singapura.

Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un (kanan).
Foto: The Star Online
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Sebuah pesawat kargo yang pernah digunakan untuk mengiringi kunjungan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Cina terpantau telah bertolak meninggalkan Pyongyang, Ahad. Pesawat kargo itu diperkirakan menuju Singapura.

Kim dijadwalkan bertemu Presiden AS Donald Trump di Singapura pada Selasa (12/6) mendatang. Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri Singapura, satu hari sebelumnya Kim juga akan bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Sejak menjadi pemimpin tertinggi Korea Utara pada 2011, Kim hanya sekali melakukan perjalanan udara ke luar negeri dan pesawat kargo jenis Ilyushin-76 ikut mendampingi Kim yang terbang dengan pesawat jet pribadi Ilyushin-62M ke Dalian, Cina pada Mei lalu.

Berdasarkan data penerbangan, pesawat kargo Ilyushin-76 tersebut bertolak meninggalkan Pyongyang pada Ahad pagi dan singgah di Guangzhou, selatan Cina, sebelum melanjutkan perjalanan yang diperkirakan menuju Singapura.

Surat kabar Singapura Straits Times melaporkan, truk pendingin sudah menunggu di bandara Changi untuk mengangkut muatan di pesawat kargo tersebut. Pesawat tersebut diyakini memuat bahan makanan dan beberapa mobil mewah untuk mengawal Kim selama kunjungan di Singapura.

Pesawat kargo jenis Ilyushin-76 tidak bisa terbang lebih dari 3.000km tanpa mengisi bahan bakar jika mengangkut barang dengan kapasitas penuh. Jarak antara Pyongyang dan Singapura adalah sekitar 4.700km.

Ilyusin-76, yang dirancang untuk mengangkut peralatan berat ke daerah terpencil di era Uni Soviet, memiliki kapasitas angkut satu bus sekolah dan dua kontainer di dalamnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement