Senin 02 Jul 2018 14:46 WIB

Wow, Menteri di Kabinet Mahathir Ini Baru Berusia 25 Tahun

Syed langsung menggebrak dunia politik setelah menang di Pemilihan Legislatif

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang menjadi sejarah karena merupakan menteri termuda Malaysia
Foto: The Star
Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman yang menjadi sejarah karena merupakan menteri termuda Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Syed Saddiq Syed Abdul Rahman telah menjadi menteri termuda di Malaysia. Syed, baru berusia 26 tahun dan akan berusia 26 tahun pada 6 Desember 2018 mendatang. Syed baru dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga bersama 12 menteri lainnya dalam kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad hari ini (2/7).

Penunjukan Syed yang lahir di Johor sebagai seorang menteri penuh di bawah pemerintahan Pakatan Harapan yang baru juga merupakan sejarah tersendiri, karena ia adalah menteri termuda yang pernah ada dalam sejarah negara tersebut. Sebelumnya Khairy Jamaluddin adalah menteri termuda negara itu ketika ia diangkat ke Kabinet saat berusia 37 tahun pada 2013.

photo
Pemimpin Pemuda Partai UMNO, Khairy Jamaluddin

Syed adalah lulusan hukum dari International Islamic University dan baru-baru ini menolak tawaran kedua dari Universitas Oxford untuk mengejar gelar Master dalam Kebijakan Publik. Tinggi dan cepat, Syed mapan di komunitas debat sebelum dia memasuki arena politik, setelah memenangkan penghargaan Pembicara Terbaik Asia di Kejuaraan Debat Asia Inggris Parlemen (ABP) sebanyak tiga kali.

Kenaikannya di lanskap politik Malaysia muncul setelah ia memenangkan konstituensi parlemen Muar dalam Pemilihan Umum ke-14 negara itu, mengalahkan kandidat pejawat Barisan Nasional, Datuk Seri Razali Ibrahim. Razali juga mantan wakil pemuda dan menteri olahraga dari 2009-2013.

photo
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei

 

Top shuttler Malaysia Lee Chong Wei sebelumnya mengatakan dia menantikan penunjukan menteri olahraga baru. Dia harap akan mengadopsi pendekatan langsung.

"Ini menghirup udara segar. Seperti yang kita tahu, mantan menteri Khairy melakukan pekerjaan yang hebat. Di bawah Khairy, atlet yang tampil bagus di Olimpiade Rio pada tahun 2016 menikmati insentif besar," kata Lee Chong Wei.

"Malaysia juga muncul sebagai juara umum di Sea Games Kuala Lumpur tahun lalu, dan kami juga menghasilkan beberapa juara dunia. Saya yakin menteri baru akan melakukan pekerjaan yang baik juga," kata Chong Wei, yang mengantongi gelar Malaysia Terbuka 12 pada Ahad (1/7) lalu.

Khairy juga mengucapkan selamat kepada menteri baru di media sosial. "Selamat kepada Syed Saddiq atas pengangkatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru. Saya berdoa semoga Anda akan membawa lebih banyak kesuksesan ke negara ini," cuitnya.

Datuk Seri Abdul Azim Mohd Zabidi, chef de mission untuk kontingen Malaysia untuk Asian Games dan ketua National Sports Institute mengatakan pemuda Syed Saddiq akan terbukti bermanfaat. "Saya pikir itu adalah pilihan yang paling tepat mengingat usia dan vitalitasnya. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Syed Saddiq dan berharap untuk mendapatkan dukungan penuhnya terutama dengan Asian Games di Indonesia lebih dari sebulan lagi."

"Dia muda dan akan membawa ide-ide baru untuk industri olahraga di Malaysia. Saya berharap akan ada lebih banyak dukungan untuk olahraga motor," kata Nabil Jeffri, seorang pengemudi Malaysia yang mengambil bagian dalam 24 Jam Le Mans balapan bulan lalu.

Steven Sim Chee Keong juga dilantik sebagai Wakil Menteri Olahraga. Sebanyak 13 menteri dan 23 wakil menteri menerima surat penunjukan mereka dari Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V pada hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement