Jumat 06 Jul 2018 23:23 WIB

Kepala Urusan Kemanusiaan PBB Berencana Kunjungi Korut

Kepala Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB Mark Lowcock berkunjung Jumat depan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Logo PBB (ilustrasi)
Foto: VOA
Logo PBB (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JENEWA -- Kepala Koordinator Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Mark Lowcock berencana mengunjungi Korea Utara (Korut) Jumat (13/7) pekan depan waktu setempat. Kedatanganya ke Pyonyang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait situasi kemanusiaan.

"Lebih dari 10 juta orang dimana 40 persen dari mereka berasal dari Korut membutuhkan bantuan kemanusiaan," kata Mark Lowcock.

Lowcock akan melakukan perjalanan mulai 9 hingga 12 Juli nanti. Dia berencana menemui sejumlah pejabat negara, mitra kemanusiaan dan penerima bantuan kemanusiaan sambil menyosialisasikan kondisi terkini terkait kemanusiaan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo telah lebih dulu mengunjungi Korut pada Jumat (6/7).  Kedatangan Pompeo ke Pyongyang guna menagih janji pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un terkait pelucutan senjata nuklir.

Pompeo akan mengonfirmasi detail rencana pemerintah Korut untuk melucuti persenjataan nuklir mereka secara menyeluruh dan terverifikasi. Pompeo juga akan mencari jaminan keamanan bagi militer AS yang hilang sejak perang Korea.

"Presiden mengatakan kepada saya jika dia percaya pemimpin Kim melihat masa depan yang berbeda dan lebih cerah bagi masyarakat Korut. Kami harap itu benar," kata Pompeo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement