Selasa 10 Jul 2018 16:10 WIB

Delapan Remaja Tim Bola Thailand Berhasil Keluar dari Gua

Saat ini, masih ada lima orang lagi yang terjebak di dalam gua.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bilal Ramadhan
Para perawat di Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukraw menonton konferensi pers penyelamatan tim sepak bola junior Thailand, Selasa (10/7). Delapan anak berhasil diselamatkan dan telah dievakuasi ke rumah sakit tersebut.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Para perawat di Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukraw menonton konferensi pers penyelamatan tim sepak bola junior Thailand, Selasa (10/7). Delapan anak berhasil diselamatkan dan telah dievakuasi ke rumah sakit tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, CHIANG RAI -- Delapan remaja laki-laki tim sepak bola junior Thailand berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam gua Tham Luang. Berdasarkan kabar dari petugas penyelamat, remaja tersebut secara keseluruhan berada dalam keadaan sehat.

"Pada saat ini, tidak ada kondisi yang mengkhawatirkan. Semuanya aman," ujar Sekretaris Kesehatan Thailand, Jesada Chokedamrongsuk, Selasa (10/7).

(Baca: Mengapa Anak-Anak Terperangkap Gua Harus Dikarantina)

Saat ini, masih ada lima orang lagi yang terjebak di dalam gua. Petugas sedang mempersiapkan proses penyelamatan remaja serta pelatihnya agar proses berjalan aman. Cuaca di lokasi cukup buruk sehingga penyelamatan selanjutnya harus dipersiapkan dengan matang.

Dua remaja yang diselamatkan diduga mengalami infeksi paru-paru. Namun, empat remaja yang diselamatkan pada giliran pertama ini dalam kondisi yang baik dan dapat beraktivitias seperti biasa.

"Anak-anak ini pemain sepak bola. Mereka kuat dan memiliki imun yang kuat," kata Jesada.

(Baca: Permintaan Khusus Empat Anak yang Keluar dari Gua Thailand)

Para remaja yang telah diselamatkan memiliki nafsu makan yang baik. Namun, mereka saat ini masih diberi makanan yang mudah dicerna dan tidak terlalu memiliki banyak rasa. Akan tetapi, dokter mengalah setelah mereka meminta roti cokelat.

Mereka masih belum bisa ditemui oleh orang tua karena risiko infeksi. Pihak berwenang mengatakan, para remaja ini akan dirawat di rumah sakit selama sepekan dan menjalani beberapa tes kesehatan.

Sebelumnya, sebanyak 12 remaja laki-laki beserta seorang pelatih bertamasya ke gua Tham Luang. Namun sayangnya, mereka justru terperangkap di dalam gua ketika hujan membanjiri kawasan tersebut.

Selama lebih dari dua pekan mereka terperangkap dan tidak bisa berkomunikasi degan siapa pun. Beruntung pada Senin (2/7), keberadaan mereka diketahui oleh sejumlah wisatawan dari Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement