Kamis 19 Jul 2018 06:33 WIB

Cina Kuasai Perdagangan ASEAN

Cina menjadi mitra dagang terbesar ASEAN dalam sembilan tahun terakhir.

Red: Nur Aini
Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina masih mitra dagang terbesar ASEAN dalam sembilan tahun belakangan. Bahkan pada tahun lalu, nilai perdagangan Cina-ASEAN mencapai 514,82 miliar dolar AS atau 6,6 kali lebih banyak daripada 2003 saat kedua pihak pertama kali membangun kemitraan strategis.

Wakil Menteri Perdagangan Cina Gao Yan menyebutkan bahwa nilai perdagangan Cina-ASEAN dalam lima bulan belakangan naik 18,9 persen, menjadi 232,64 miliar dolar AS, kata "People's Daily" pada Rabu (18/7).

Nilai investasi antarkeduanya dalam kurun waktu 15 tahun lebih telah mencatat angka 200 miliar dolar AS. "Lebih dari 4.000 perusahaan, yang melakukan investasi langsung, berhasil menyerap sekitar 300 ribu tenaga kerja setempat," kata Gao sebagaimana dikutip "People's Daily".

Pengusaha dan pemodal Cina akan mengadakan pertemuan puncak sekaligus Pameran China-ASEAN ke-15 di Nanning pada 12-15 September 2018. Kamboja akan mendapatkan kehormatan dalam pameran tersebut, sedangkan Tanzania akan diundang sebagai mitra khusus.

Wakil Ketua Dewan Promosi Perdagangan Internasional Cina Chen Zhou menambahkan bahwa acara di ibu kota Daerah Otonomi Guangxi itu lebih beragam, dengan diadakan forum khusus untuk negara termasuk dalam prakarsa Jalur Sutera dan Jalur Laut Abad ke-21 dan pemimpin muda dari berbagai daerah akan mengawali debutnya dalam pertemuan puncak. Sementara itu, Forum Pemimpin Bisnis Cina-ASEAN dan Simposium Kerja Sama Legal Komersial Cina-ASEAN masih tetap dipertahankan dalam kegiatan tahunan di wilayah selatan daratan Cina itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement