Jumat 20 Jul 2018 10:06 WIB

Korut Belum Tepati Janji Kembalikan Jenazah Tentara AS

Dalam pertemuan di Singapura, Korut telah komitmen pulangkan jenazah AS

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo
Foto: Time
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Lebih dari satu bulan setelah pertemuan puncak Trump-Kim di Singapura, Korea Utara belum memenuhi janjinya untuk mengembalikan sisa-sisa tentara yang gugur pada perang Amerika. Sekretaris Negara Mike Pompeo, yang melakukan perjalanan ke Pyongyang bulan ini untuk menekan Korea Utara lebih lanjut, mengatakan pada hari Rabu bahwa kembalinya mereka dapat dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

Tetapi secara positif mengidentifikasi tulang-tulang itu seperti mmeber layanan khusus Amerika bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun, menurut Associated Press. Dalam pernyataan bersama di KTT Singapura mereka pada 12 Juni, Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berkomitmen untuk memulihkan sisa-sisa tahanan perang dan mereka yang hilang dalam aksi beberapa dekade setelah Perang Korea termasuk pemulangan segera dari mereka yang sudah diidentifikasi.

Tetapi pada pertengahan Juli, repatriasi belum terjadi. Mengutip pejabat AS, pada hari Selasa melaporkan bahwa Korea Utara telah setuju untuk mentransfer sebanyak 55 set sisa minggu depan. "Kami membuat kemajuan di sepanjang perbatasan untuk mendapatkan kembalinya sisa-sisa, masalah yang sangat penting bagi keluarga-keluarga itu," kata Pompeo Rabu di Gedung Putih.

"Saya pikir dalam beberapa minggu ke depan kita akan memiliki sisa-sisa pertama yang dikembalikan, itulah komitmennya, sehingga kemajuan pasti dibuat di sana."

"Apa yang seharusnya menjadi hal termudah dalam agenda perundingan Amerika Serikat-Korea Utara, kembalinya sisa-sisa tentara Perang Korea, terbukti menjadi titik pelik lain," kata Mark Fitzpatrick dari Institut Internasional untuk Studi Strategis.

Di luar kembalinya sisa-sisa yang dijanjikan bahwa Korea Utara mungkin telah bertahan dalam penyimpanan selama bertahun-tahun, Departemen Luar Negeri mengatakan awal pekan ini bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk memulai kembali pencarian lokasi pemakaman dari sisa-sisa perang AS di Korea Utara.

Dalam pandangan Fitzpatrick, Korea Utara telah menggunakan janji perang tetap sebagai pengaruh untuk tujuan politik. Termasuk perjanjian damai yang menggantikan perjanjian gencatan senjata yang menyebabkan pertempuran di Semenanjung Korea berakhir pada Juli 1953.

KTT Singapura terutama tentang dorongan Trump untuk menyingkirkan senjata nuklir Korea Utara. Dia mengatakan sesudahnya tidak ada lagi ancaman nuklir dari Utara, meskipun Kim setuju hanya untuk "bekerja menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea," dan tidak ada perjanjian yang mengikat yang ditetapkan.

Pada hari Selasa, Trump sepertinya mengungkapkan keraguannya sendiri tentang waktu. Dia mengatakan kepada wartawan, "Kami tidak terburu-buru untuk kecepatan," menambahkan, "Kami hanya akan melalui proses."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement