Jumat 20 Jul 2018 15:10 WIB

Malaysia Harap Dana dari Korupsi 1MDB Bisa Dipulihkan

Menkeu Lim berharap setidaknya 10 persen dana dari 1MDB bisa diperoleh kembali

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bilal Ramadhan
Warga berjalan melewati logo 1Malaysia Development Berhad (1MDB) di Kuala Lumpur, Malaysia.
Foto: Reuters/Olivia Harris
Warga berjalan melewati logo 1Malaysia Development Berhad (1MDB) di Kuala Lumpur, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, PUTRA JAYA -- Malaysia berharap dapat memulihkan sebanyak 3,5 miliar dolar AS dana yang berpotensi hilang melalui 1MDB, kata Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng. Pemerintah mungkin dapat memperoleh kembali setidaknya 10 persen dari 50 miliar ringgit (Rp 177,5 triliun) dana yang diperkirakan Lim tersedot dari dana negara yang bermasalah, dan hingga 30 persen dari jumlah itu.

"Jika kita beruntung," kata Lim dilansir di Bloomberg, Jumat (20/7).

photo
Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng

 

Perdana Menteri Mahathir Mohamad sebelumnya mengatakan ia berusaha memperoleh kembali 4,5 miliar dolar AS. Pengakuan Lim menempatkan ke dalam perspektif kesulitan dalam menelusuri berbagai transaksi kompleks yang mencakup dunia yang disebut Jaksa Agung Swiss Michael Lauber sebagai "skema Ponzi."

Skandal seputar dana, yang didirikan di bawah mantan perdana menteri Najib Razak untuk menarik investasi ke Malaysia, telah melahirkan penyelidikan di seluruh dunia di setidaknya 10 negara, termasuk Singapura dan AS.

"Kami tidak dapat menemukan, kami tidak dapat melacak ke mana uang itu pergi dan apa yang mereka beli. Itu yang bisa kami lacak, ada juga pertanyaan kepemilikan, proses hukum serta yurisdiksi nasional yang berbeda." kata Lim.

Malaysia menyewa firma hukum yang berbasis di Singapura Tan Rajah & Cheah untuk membantu memulihkan dana, sementara jaksa Swiss berjanji untuk mengembalikan uang yang dicuri ke negara itu. Departemen Kehakiman AS sedang mencari untuk mengambil sekitar 1,7 miliar dolar AS dalam aset yang dikatakan secara ilegal diperoleh melalui uang yang dialihkan dari 1MDB, termasuk kapal pesiar "Equanimity" yang disita oleh polisi Indonesia pada bulan Juli.

Penyelidikan domestik ke dalam dana 1Malaysia Development Bhd telah menyebabkan Najib dituntut dengan beberapa tuduhan pelanggaran kriminal kepercayaan dan korupsi. Dia mengaku tidak bersalah. Komisi Anti-Korupsi Malaysia telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk mantan eksekutif 1MDB, Jasmine Loo Ai Swan dan Casey Tang Keng Chee, serta pemodal Low Taek Jho, yang dideskripsikan oleh para peneliti AS sebagai tokoh sentral dalam skandal tersebut.

Lim telah memilah-milah transaksi besar lainnya yang ditandatangani oleh pemerintahan sebelumnya untuk kegiatan mencurigakan. Dia berbicara tentang 1MDB terkait dokumen kementerian yang diberi label sebagai "file merah" dan disembunyikan dari auditor negara, dan menimbulkan pertanyaan 9,4 miliar ringgit proyek pipa yang melibatkan perusahaan lokal yang dijuluki "cabang" dari 1MDB dan unit dari China National Petroleum Corp.

Dia berharap untuk mengungkap lebih banyak skandal dalam kisaran miliaran dolar selama masa jabatannya, dengan setidaknya satu lagi diumumkan dalam 100 hari pertama pemerintahan yang berkuasa.

"Kami akan menjelaskan dan kami akan meninjau dan mengungkapkan semuanya dalam 100 hari, sehingga kami dapat melanjutkan. Karena kita tidak bisa eksis di satu demi satu pengungkapan. Skandal setelah skandal. Tidak. Kami ingin melanjutkan setelah itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement