Jumat 31 Aug 2018 06:06 WIB

Indonesia Kecam Kontes Kartun Nabi Politikus Belanda

Kontes kartun bertema Nabi Muhammad tersebut merupakan tindakan provokatif.

Menlu Retno Marsudi.
Foto: Republika/Prayogi
Menlu Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia mengecam rencana pelaksanaan kontes kartun bertema Nabi Muhammad yang akan dilakukan oleh salah satu anggota Parlemen Belanda, Geert Wilders. Kecaman pemerintah Indonesia itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi kepada pemerintah Belanda, menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (30/8).

Menteri Retno telah berkomunikasi dengan Menlu Belanda Stephanus Abraham Blok, untuk menyampaikan keprihatinan mendalam dan mengecam rencana pelaksanaan kontes kartun tersebut. Retno menegaskan rencana pelaksanaan kontes kartun bertema Nabi Muhammad tersebut merupakan tindakan provokatif dan tidak bertanggungjawab.

photo
Politikus Belanda Geert Wilders.

Pemerintah Indonesia memandang kegiatan tersebut dapat membahayakan upaya bersama dalam menciptakan perdamaian, stabilitas dan toleransi antaragama dan peradaban. Selanjutnya, pemerintah Indonesia menekankan kebebasan berekspresi adalah suatu yang harus dihormati akan tetapi tidak tanpa batas.

"Oleh karena itu, semua pihak berkewajiban senantiasa memegang teguh prinsip toleransi untuk saling menghormati," demikian pernyataan pers dari Kementerian Luar Negeri RI.

Baca juga: Muslim Pakistan Demo Menolak Kontes Kartun Nabi Muhammad

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement