Kamis 20 Sep 2018 13:21 WIB

Sekjen PBB Apresiasi Pertemuan Dua Korea

Masyarakat internasional diimbau mendukung kedua pihak dalam mewujudkan perdamaian.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).
Foto: Pyongyang Press Corps Pool via AP
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa Antonio Guterres menyatakan menyambut baik hasil pertemuan puncak ketiga tahun ini antara para pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan. Ia memuji tekad dan diplomasi yang menghasilkan kesepakatan-kesepakatan penting seperti terkandung dalam Deklarasi Bersama Pyongyang.

"Komitmen-komitmen yang tercermin dalam pernyataan bersama tersebut mencakup langkah-langkah membangun kepercayaan militer serta komitmen oleh Korea Utara untuk melucuti sarana uji coba mesin peluru kendali dengan kehadiran para pakar dari negara-negara terkait. Sekarang adalah saatnya untuk melakukan tindakan nyata," bunyi pernyataan yang dikeluarkan juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, yang dikeluarkan Rabu (19/9).

Gutteres menyeru masyarakat internasional untuk bersatu mendukung pihak-pihak tersebut dalam perjalanan mereka menuju perdamaian yang berkelanjutan, keamanan serta pemusnahan senjata nuklir, sepenuhnya. "Sekretaris Jenderal menekankan komitmennya dan kesiapan sistem Perserikatan Bangsa-bangsa untuk lebih lanjut membantu pihak-pihak tersebut dengan cara apa pun yang tepat," kata pernyataan.

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Rabu menandatangani sebuah deklarasi. Deklarasi itu berisi kesepakatan untuk mengambil langkah-langkah tambahan untuk mewujudkan Semenanjung Korea yang bebas dari persenjataan nuklir dan ancaman-ancaman konflik bersenjata.

Baca juga, Korea Utara Setuju Tutup Fasilitas Nuklir

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement