Ahad 23 Sep 2018 08:51 WIB

Cina-Vatikan Tandatangani Perjanjian Bersejarah

Perjanjian Cina dan Vatikan ini membuat Taiwan khawatir kehilangan mitra diplomatik

Kota Vatikan
Foto: traildino.com
Kota Vatikan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina dan Vatikan telah menandatangani perjanjian bersejarah terkait penunjukan uskup di Beijing. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Cina Wang Chao dan delegasi Vatikan Antoine Camilleri di Beijing, Sabtu (22/9).

Cina dan Vatikan akan terus menjaga hubungan dan meningkatkan proses kerja sama bilateral, demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Cina yang dikutip Kantor Berita Cina Xinhua.

Menlu Vatikan Pietro Parolin baru-baru ini menepis kekhawatiran atas pemisahan gereja Katholik di Asia setelah pemensiunan Uskup Agung Hong Kong Joseph Zen dikait-kaitkan dengan kesepakatan baru dengan Beijing tersebut.

Vatikan menyatakan bahwa kesepakatan dengan Beijing hanya pada tataran internal gereja seperti penunjukan uskup sehingga tidak berdampak terhadap hubungan diplomatik dengan Taiwan karena Tahta Suci tetap mengakui Taipei melalui hubungan diplomatik yang terjalin selama ini, demikian laporan Kantor Berita Taiwan CNA.

Kesepakatan baru Tahta Suci-Beijing itu tentu membuat Taipei ketar-ketir karena Taiwan terancam kehilangan mitra diplomatik terakhirnya di Eropa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement