Jumat 05 Oct 2018 23:02 WIB

Cina Penyumbang Terbesar Turis Asing di Dunia

Pasar turis Cina ke luar negeri diperkirakan meningkat lima persen per tahun.

Turis Cina. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Turis Cina. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina telah menjadi negara penyumbang turis asing terbesar di dunia. Dengan mengutip data Biro Pusat Statistik setempat (NBS), laman Sina Xinlang, Jumat (5/10) menyebutkan pada 2016 jumlah turis Cina yang berlibur di berbagai negara telah mencapai angka 135 juta.

Padahal pada 1995, jumlah turis asal daratan Cina yang berlibur di luar negeri hanya lima juta. NBS mencatat kenaikan turis Cina yang melanglangbuana ke negeri seberang rata-rata 17,6 persen per tahun dalam kurun waktu 21 tahun.

Tidak salah kalau Cina telah menjadi negara terbesar penyumbang turis ke luar negeri sejak 2013. China Tourism Academy memperkirakan pasar turis Cina ke luar negeri meningkat lima persen per tahun pada beberapa tahun mendatang.

Sekitar 157 juta turis asal Cina akan melakukan perjalanan wisata ke mancanegara pada 2020, demikian prediksi lembaga penelitian di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Cina (MCT) itu. Berkembangnya pasar wisata mancanegara di Cina bisa dimanfaatkan Kementerian Pariwisata RI untuk menarik minat mereka itu sebanyak-banyaknya.

Pada tahun ini, Kemenpar menargetkan tiga juta wisatawan dari Cina. Setahun sebelumnya, Kemenpar menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan asal Cina. Namun target tersebut meleset karena terdampak bencana letusan Gunung Agung di Bali. Jumlah turis Cina yang berkunjung ke Indonesia masih kalah jauh dibandingkan ke Thailand dan Singapura.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement