Senin 15 Oct 2018 16:53 WIB

Cina Paksa Timnas Sepak Bola Ikut Latihan Militer

Asosiasi Sepakbola Cina mengumumkan kamp militer pada awal Oktober.

Red: Nur Aini
Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA)
Foto: goal.com
Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Badan sepak bola Cina berubah menjadi latihan militer dalam upaya terakhir untuk memenuhi tujuan Presiden Xi Jinping menjadikan negara itu kekuatan sepak bola yang hebat pada pergantian abad.

Selama akhir pekan, lebih dari 50 pemain di bawah usia 25 tahun dibawa ke pangkalan militer di Provinsi Shandong di mana mereka menukar pakaian olah raga dengan seragam loreng dan sepatu boot. Saluran televisi negara CCTV menunjukkan para pemain, banyak yang secara teratur membintangi liga papan atas Cina, menerima instruksi dari pelatih militer dan kepala mereka dicukur.

Mereka juga diperlihatkan duduk di ruang kelas dengan mengenakan seragam. Saat itu, mereka menyaksikan siaran tim nasional Cina bermain tanpa gol dengan India.

Menurut laporan CCTV, skuad akan memulai pelatihan fisik baru, pendidikan ideologi dan latihan pasukan khusus.

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan, Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) mengumumkan kamp intensif pada awal Oktober. Mereka menyatakan para pemain akan ditarik keluar dari komitmen klub reguler mereka sampai 28 Desember.

Keputusan itu berarti klub papan atas akan kehilangan beberapa pemain terbaik mereka di akhir bisnis dari kedua musim Liga Super Cina dan untuk final Piala CFA. Saat mengumumkan langkah itu, CFA mengatakan kamp dua setengah bulan akan "menjadi pelatihan lebih baik bagi pemain muda yang luar biasa dan memperkuat kelompok bakat cadangan" untuk tim nasional.

Para pemain diharapkan melakukan pelatihan militer selama bulan pertama kamp dan fokus pada sepakbola menjadi yang kedua. Itu adalah periode latihan militer yang lebih lama daripada yang digunakan untuk kamp sepak bola sebelumnya, dengan media negara menyatakan "Ini menunjukkan tekad Asosiasi Sepak Bola Cina, yang harus merombak semangat tim nasional".

Campur tangan negara yang merusak

Tetapi beberapa penggemar mengecam langkah itu secara online. Beberapa orang mengatakan itu mencerminkan kematian sepakbola Cina, sementara banyak yang lain mempertanyakan bagaimana latihan militer dan kamp pelatihan akan lebih baik untuk pengembangan pemain daripada pertandingan kompetitif.

"Anda tidak bisa mengambil 55 pemain dari liga dan berharap itu tidak memengaruhi integritas olahraga," kata penulis sepakbola asal Shanghai, Cameron Wilson di The Chinese Football Podcast.

Kebijakan CFA terhadap pemain muda telah berubah beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Banyak penggemar menyalahkan campur tangan yang kuat dari administrator olah raga negara untuk perubahan aturan yang tidak dapat diprediksi.

Peraturan tersebut telah memaksa klub papan atas untuk memasukkan jumlah minimal pemain di bawah 23 dengan mengorbankan rekrutan asing.

Aturan terbaru untuk meningkatkan bakat muda melalui pelatihan intensif didahului oleh perubahan aturan lain yang melonggarkan aturan. Spekulasi berputar bahwa tujuan kamp adalah untuk menciptakan satu atau dua tim pengembangan nasional yang akan bermain dari minggu ke minggu baik di liga domestik Cina atau bahkan di kompetisi klub Eropa timur.

Pemerintah Cina berusaha untuk meningkatkan kinerja tim nasional putra dengan cepat, yang hanya pernah ke putaran final Piala Dunia sekali. Timnas dipandang sebagai terus berpenampilan minim meskipun liga domestik semakin menguntungkan.

Cetak biru pemerintah yang dirilis pada 2015 menetapkan sasaran untuk memiliki 50 juta orang yang bermain sepak bola dalam satu dekade. Cina ingin menjadi tim internasional teratas pada 2050. Tapi penggemar lama sepak bola tidak gembira merayakan rencana tersebut.

Hasil imbang tanpa gol Cina dengan India selama akhir pekan terjadi setelah hasil imbang dengan Bahrain pekan lalu dan kekalahan dari Qatar. Spekulasi meningkat bahwa pelatih nasional Marcello Lippi - yang dibawa dengan banyak gembar-gembor di 2016 - kemungkinan akan meninggalkan perannya setelah Piala Asia pada Januari.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-10-15/china-paksa-pesepakbola-ikut-pelatihan-militer/10378266
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement