Sabtu 03 Nov 2018 07:19 WIB

Pemimpin Spiritual Pakistan Tewas Dibunuh

Maulana Sami ul-Haq dikenal sebagai 'Bapak Taliban' tewas ditikam di rumahnya.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Andi Nur Aminah
Maulana Sami ul-Haq
Foto: timesofindia
Maulana Sami ul-Haq

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Seorang pemimpin spiritual Muslim Pakistan, Maulana Sami ul-Haq tewas di rumahnya Jumat (2/11) malam. Para pejabat setempat mengatakan, pemimpin yang dikenal sebagai 'Bapak Taliban' itu tewas dalam sebuah serangan pisau.

Maulana Sami ul-Haq berusia 81 tahun memiliki pengaruh menyeluruh atas gerakan Taliban di negara tetangga Afghanistan dan di Pakistan. Ia memimpin faksi sendiri dari sebuah partai agama, Jamiat Ulema-e-Islam. "Dia ditikam sampai mati," ujar Menteri Informasi Negara Pakistan Fawad Chaudhry dilansir The New York Times Sabtu (3/11).

Insiden pembunuhan itu dinilai tidak biasa dan pelaku tidak dikenal. Haq berada di dalam rumahnya di kota Rawalpindi yang berdekatan dengan Islamabad ketika dia ditikam oleh seorang penyerang tak dikenal.

Pembunuhan ini mengguncang Pakistan sama seperti pemerintah bergulat dengan protes oleh kelompok garis keras agama. Setelah Mahkamah Agung di negara itu membebaskan seorang wanita Kristen Pakistan atas tuduhan penodaan agama.

Haq mengelola seminari, Darul Uloom Haqqania, di kota Akora Khattak di provinsi Khyber-Pakhthunkhwa di barat laut. Banyak pemimpin Taliban adalah lulusan seminari, termasuk pendiri Taliban, Mullah Muhammad Omar.

Murid-murid pemimpin selalu memanggil Haq sebagai "Bapak Taliban". Haq bangga dengan panggilan itu. Haq pernah mengatakan bahwa dalam tradisi lokal, seorang guru adalah seperti seorang ayah dan seorang pemimpin spiritual.

Bulan lalu, delegasi Afghanistan bertemu dengan Haq. Ia diminta untuk memainkan peran mediasi dalam pembicaraan damai dengan Taliban. Haq setuju memainkan peran itu. Ia mengatakan, Amerika Serikat dan kekuatan internasional lainnya menghalangi upaya perdamaian di Afghanistan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement