Kamis 29 Nov 2018 20:41 WIB

Cina Harapkan Hasil Positif dalam Pertemuan dengan AS di G20

Donald Trump dan Xi Jinping akan membicarakan perdagangan di sela-sela KTT G20

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Kementerian Perdagangan Cina mengatakan Beijing berharap adanya hasil positif dalam menyelesaikan sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping dijadwalkan bertemu untuk membicarakan perdagangan di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, pada Sabtu (1/12).

Ketika ditanya apakah Cina berusaha mencegah lebih banyak kenaikan tarif dari AS pada pertemuan itu, juru bicara kementerian, Gao Feng, mengatakan tim ekonomi dari kedua belah pihak telah menjalin kontak untuk menerapkan konsensus yang dicapai oleh Trump dan Xi dalam panggilan telepon bulan ini.

"Saya berharap Amerika Serikat dan Cina dapat bergerak ke arah satu sama lain dan bekerja keras untuk mencapai hasil positif dalam pertemuan itu," kata Gao, tanpa memberikan rincian.

AS telah mengenakan bea tambahan antara 10 persen hingga 25 persen pada barang-barang Cina senilai 250 miliar dolar AS tahun ini. Kebijakan itu disebut sebagai hukuman atas praktik perdagangan yang tidak adil yang dituduh telah dilakukan Cina. Tarif 10 persen akan meningkat menjadi 25 persen di tahun depan.

Sebuah jajak pendapat Reuters pada Rabu (28/11) menunjukkan, pabrik-pabrik Cina tengah berjuang untuk terus berdiri selama dua bulan berturut-turut pada November ini. Hal itu karena permintaan menurun di dalam negeri dan ancaman tarif AS yang lebih tinggi.

"Pihak Cina telah berulang kali menekankan, esensi dari kerja sama ekonomi dan perdagangan Cina-AS adalah saling menguntungkan dan win-win," ungkap Gao.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement