Senin 10 Dec 2018 17:55 WIB

Australia Terima Pekerja Asing dengan Keterampilan Rendah

Pekerja Asing berketerampilan dasar bisa tinggal permanen di Australia.

Red: Nur Aini
Pekerja kantoran di ibu kota Australia, Canberra.
Foto: ABC
Pekerja kantoran di ibu kota Australia, Canberra.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Pemerintah Australia telah membuka peluang bagi warga asing dengan keterampilan dasar pertanian atau perhotelan untuk pindah secara permanen ke Australia dengan visa kerja.

Perjanjian imigrasi regional baru untuk Wilayah Utara Australia (NT) dan Negara Bagian Victoria barat daya akan menurunkan kriteria untuk keterampilan, bahasa, dan pendapatan bagi pekerja imigran. Mereka akan menyediakan peluang untuk masa tinggal permanen bagi para pekerja yang sebelumnya tidak ada. Namun, Pemerintah Australia menuntut para imigran berkomitmen untuk tinggal di daerah-daerah ini setidaknya selama tiga tahun sebelum jalur permanen tersedia.

Menteri Imigrasi Australia, David Colemanm mengatakan Pemerintah sedang memperbaiki program imigrasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan lokasi tertentu.

"Kami, khususnya, mencermati cara-cara untuk mengisi kesenjangan pekerjaan di daerah-daerah," katanya.

Pemerintah Australia telah menutup opsi untuk masa tinggal permanen bagi ratusan pekerjaan dalam program imigrasi selama dua tahun terakhir. Hal itu terutama melalui perubahan daftar pekerjaan dalam visa kebutuhan keterampilan sementara.

Itu berarti peluang bagi masa tinggal permanen melalui visa kerja hanya tersedia bagi pekerja yang paling diinginkan Pemerintah Australia, terutama pekerjaan terampil yang dibutuhkan oleh bisnis Australia. Tetapi kesepakatan baru -yang dikenal sebagai perjanjian imigrasi daerah tertentu (DAMAs) -menurunkan persyaratan itu, membuka peluang bagi para imigran yang kurang lancar berbahasa Inggris dan berketerampilan lebih rendah dan membayar untuk pindah ke Australia secara permanen. DAMA untuk wilayah NT sudah berlaku, tetapi tidak termasuk tawaran residensi permanen.

Manuela Seiberth, agen imigrasi yang bermarkas di Darwin, mengatakan tawaran baru residensi permanen itu "sangat besar".

"Saya pikir ini adalah hal yang sangat baik, khususnya mengingat reformasi hukum imigrasi baru-baru ini yang meningkatkan persyaratan untuk sebagian besar visa yang disponsori pekerja dan imigrasi keahlian umum, seperti kualifikasi yang lebih tinggi, pengalaman kerja yang lebih banyak dan keterampilan bahasa Inggris yang lebih tinggi," ujarnya.

"DAMA menawarkan opsi untuk pekerja semi-terampil dan memberikan fleksibilitas dengan konsesinya."

Biasanya, visa kerja harus ditujukan untuk pekerja dengan bahasa Inggris yang kompeten dan membayar setidaknya 53.900 dolar (atau setara Rp 539 juta) per tahun. Namun, di bawah kesepakatan DAMA di NT sebelumnya, visa bisa disetujui bagi ahli pembuat roti, barista, atau penata rambut dengan bahasa atau penghasilan kurang dari ambang batas ini.

Di bawah skema DAMA yang baru, para pekerja ini kemungkinan akan diberikan kesempatan untuk pindah ke Australia secara permanen.

Perbaruan di NT

Seiberth telah memberikan saran untuk bisnis di bawah skema DAMA sebelumnya di NT. Ia mengatakan sebagian besar digunakan oleh penyedia pariwisata dan perhotelan untuk pekerjaan seperti pengawas bar dan pelayan.

"Pengusaha di Wilayah Utara AUstralia berjuang untuk menarik dan mempertahankan pekerja terampil - saya berbicara dari pengalaman saya sendiri sebagai pemilik bisnis dan pemberi kerja," katanya.

"Masalah utamanya adalah iklim tropis ekstrim di Ujung Utara Australia dan lokasi yang terpencil."

Pemerintah NT menegaskan bahwa kesepakatan baru ini mencakup lebih banyak jenis pekerjaan, jumlah totalnya 117, dibandingkan dengan 111 yang terdaftar saat ini,  bersama dengan penyesuaian bahasa Inggris dan konsesi gaji serta tawaran residensi permanen.

Menteri Pelatihan untuk Tempat Kerja NT, Selena Uibo, mengatakan semua penduduk diuntungkan ketika lebih banyak orang pindah ke kawasan itu.

"Semakin banyak orang berarti lebih banyak pekerjaan, ekonomi yang lebih kuat, dan pendapatan barang dan jasa yang lebih banyak, yang berarti sekolah yang lebih baik, rumah sakit yang lebih baik, dan lebih banyak polisi."

Skema DAMA di Warrnambool

Skema DAMA terpisah untuk wilayah Warrnambool berjanji untuk mengirim pekerja imigran ke sektor pengolahan daging, susu dan sektor agrikultur lainnya.

Dan Tehan, politisi Partai Liberal untuk pemilih lokal Wannon, mengatakan tawaran itu mencakup, "risiko bahwa seseorang akan datang dan melakukan pekerjaan itu selama enam bulan kemudian pindah ke sebuah ibu kota".

"Yang akan dilakukan [para imigran] adalah mereka akan datang, memenuhi persyaratan - yang akan menjadi tiga hingga empat tahun bekerja di daerah dengan kekurangan keterampilan khusus - kemudian mereka baru bisa mengajukan residensi permanen - tidak semuanya begitu, tetapi dalam beberapa kasus," katanya.

"Jelas ada kriteria yang harus mereka penuhi: segala sesuatu yang berkaitan dengan melanggar hukum, dan sebagainya, tentu saja, bisa merugikan mereka untuk memasuki jalur permanen residensi."

Pemerintah Australia telah mendiskusikan potensi persyaratan residensi lima tahun untuk visa regional. Hingga skema DAMA yang baru ditandatangani, tidak jelas berapa lama atau di bawah kondisi apa para imigran akan diminta untuk tinggal di daerah tersebut.

Visa yang diberikan di bawah kerangka regional yang ada saat ini berada pada tingkat terendah dalam satu dekade.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-12-10/peluang-tinggal-permanen-di-australia-bagi-warga-asing-berketer/10603244
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement