Jumat 14 Dec 2018 08:50 WIB

Dewan AS Desak Myanmar Bebaskan Dua Jurnalis Reuters

Pengacara kedua wartawan ajukan banding. Sidang dijadwalkan 24 Desember ini.

Rep: Sri Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Militer Myanmar di negara bagian Rakhine yang merupakan wilayah Muslim Rohingya tinggal.
Foto: AP Photo
Militer Myanmar di negara bagian Rakhine yang merupakan wilayah Muslim Rohingya tinggal.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC –  Dewan Perwakilan AS menyerukan pemerintah Myanmar membebaskan wartawan Reuters Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Kedua jurnalis itu dipenjarakan satu tahun lalu dalam sebuah kasus bebas bicara.

Sebanyak 394 anggota parlemen memilih satu suara resolusi yang menyerukan pembebasan Wa Lone, 32, dan Kyaw Soe Oo, 28. Mereka dinyatakan bersalah pada September karena melanggar Undang-Undang Rahasia Resmi Myanmar dan dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara. 

Kasus ini telah menimbulkan pertanyaan di antara sejumlah pemimpin politik di Amerika Serikat dan Eropa, pendukung hak asasi manusia dan PBB tentang kemajuan Myanmar menuju demokrasi.

Ukurannya tidak mengikat, tetapi dimaksudkan sebagai pesan yang kuat kepada pemerintah Myanmar, juga dikenal sebagai Burma, serta pemerintahan Presiden Donald Trump bahwa anggota Kongres AS ingin kedua orang itu dibebaskan.

Resolusi itu juga menyebut kampanye militer Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya di negara itu adalah genosida. 

Dalam laporan yang dikeluarkan pada 27 Agustus, para penyelidik AS mengatakan militer Myanmar melakukan pembunuhan massal dan pemerkosaan terhadap Rohingya dengan "niat genosida". 

Dan untuk pertama kalinya secara eksplisit menyerukan kepada pejabat Myanmar untuk menghadapi tuduhan genosida atas kampanye mereka.

Departemen Luar Negeri AS, yang akan membuat tekad resmi, belum membuat penunjukan resmi menggunakan istilah genosida.

Kedutaan Myanmar di Washington tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar terhadap suara Dewan Perwakilan Rakyat.

Militer di Myanmar, di mana agama Buddha adalah agama utama, telah membantah tuduhan masa lalu bahwa mereka telah melakukan genosida terhadap Rohingya dan mengatakan tindakannya adalah bagian dari perang melawan terorisme.

Seorang anggota kongres tak menyetujui resolusi itu, dia adalah Andi Biggs, seorang Republikan dari Arizona. Diminta mengomentari suara Biggs tersebut, Daniel Stefanski, juru bicara anggota kongres, tidak secara langsung menjawab pertanyaan tetapi mengatakan "penindasan berkelanjutan Rohingya di Myanmar adalah tidak manusiawi. 

Stefanski menyerukan kepada pemerintahan Trump "untuk menggunakan tekanan diplomatik maksimum untuk mengakhiri genosida dan menuntut pembebasan dua jurnalis. 

Pengacara untuk dua wartawan Reuters telah mengajukan banding terhadap keyakinan dan hukuman mereka. Sidang banding dijadwalkan untuk 24 Desember.

Antara lain, resolusi DPR juga mengutuk serangan terhadap warga sipil oleh militer Burma dan menyerukan Trump untuk menjatuhkan sanksi tambahan pada anggota senior militer Burma dan pasukan keamanan yang dikatakan bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia. Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan untuk komentar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement