Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

11 Orang Meninggal Setelah Menyantap Makanan di Kuil India

Sabtu 15 Dec 2018 05:33 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Gita Amanda

Kuil di India. (Ilustrasi)

Kuil di India. (Ilustrasi)

Foto: Rajesh Kumar Singh/AP
Korban diduga mengalami keracunan makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebelas orang dan sekitar 70 orang dirawat di rumah sakit setelah makan makanan dalam sebuah upacara di negara bagian selatan Karnataka, India. Dilansir dari BBC, seorang juru bicara polisi setempat mengatakan, 11 orang lainnya berada dalam kondisi kritis.

Dua orang dilaporkan telah ditangkap setelah insiden itu. Seorang petugas kesehatan juga mengatakan kepada media setempat bahwa makanan itu mungkin telah diracuni.

"Kami ditawari nasi tomat (yang) berbau," kata seseorang yang menghadiri upacara itu kepada wartawan.

Narasumber itu menambahkan, semua orang yang membuang makanan yang diberikan baik-baik saja. Sedangkan mereka yang memakan makanan tersebut mulai muntah dan mengeluh sakit perut.

Insiden itu terjadi di kuil Maramma di distrik Chamarajanagar, pada Jumat (14/12). Di mana sebuah upacara khusus sedang berlangsung. Bahkan banyak orang melakukan perjalanan dari desa-desa tetangga untuk menghadiri acara tersebut.

Makanan tersebut dilaporkan disajikan sebagai persembahan religius kepada jemaat ketika mereka meninggalkan kuil. "Hari ini adalah upacara konsekrasi di sini," kata saksi lainnya.

Beberapa orang menyatakan terkejut dengan berita di media sosial itu. Salah satunya termasuk mantan perdana menteri India HD Deve Gowda.

"Keluarga yang kehilangan nyawa dalam peristiwa ini harus memiliki kekuatan dan keberanian untuk menahan rasa sakit," tulisnya dalam akun Twitter miliknya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA