Senin 17 Dec 2018 22:32 WIB

Kalender Bergambar Putin Laris di Jepang

Dua pekan menjelang pergantian tahun, kalender itu laku keras.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Vladimir Putin
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Siapa mengira bahwa sosok Presiden Rusia Vladimir Putin begitu populer dan digandrungi di Jepang. Sejumlah potret dirinya yang tengah melakukan beberapa kegiatan, seperti bersepeda dan bermain bersama anjing peliharaannya, ditempel di kalender 2019 lalu diproduksi secara massal. Dua pekan menjelang pergantian tahun, kalender itu laku keras.

The Loft selaku pihak yang memiliki hak eksklusif atas penjualan kalender melaporkan bahwa kalender dengan potret Putin mendominasi penjualan di gerainya yang tersebar di seluruh Jepang. Dikutip the Guardian, kalender Putin bahkan lebih populer dibandingkan aktor Jepang Kei Tanaka dan atlet seluncur juara olimpiade Yuzur Hanyu.

SoraNews24 berspekulasi, beberapa orang Jepang membeli kalender Putin untuk dijadikan bahan olok-olok atau lelucon. Namun warga lainnya memang benar-benar tertarik pada kehidupan dan persona dari presiden berusia 66 tahun itu.

Menurut laporan media Jepang, kalender dengan potret Putin lebih banyak dibeli oleh kalangan wanita. Mereka diduga terkesan dengan kemaskulinan dan gaya nonkonvensional Putin. Namun belum ada laporan tentang bagaimana respons Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe perihal kepopuleran Putin di negaranya.

Ini bukan pertama kalinya kalender dengan potret Putin diminati masyarakat Jepang menjelang pergantian tahun. Pada 2016, kalender serupa telah beredar di sana. Kala itu, beberapa potret Putin yang ditampilkan di kalender adalah ketika dia sedang memancing, bertelanjang dada, dan berlatih judo.

Pada 2017, kalender memperlihatkan potret-potret Putin teranyar, antara lain ketika dirinya sedang bermain bersama anjingnya di salju dan memangku anjing pemberian gubernur Provinsi Akita, Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement