Selasa 18 Dec 2018 20:53 WIB

Papua Nugini Bangun Jalan Penghubung ke Papua-Indonesia

Jalan akan memudahkan perdagangan dari Indonesia dan Papua Nugini.

Red: Nur Aini
Port Moresby, Papua Nugini.
Foto: ABC
Port Moresby, Papua Nugini.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAUKE -- Upaya gabungan tiga anggota parlemen dan gubernur Provinsi Barat di Papua Nugini telah membangun jalan yang rencananya menghubungkannya hingga ke Merauke, Provinsi Papua, Indonesia. Pembangunan jalan hingga saat ini telah mencapai kurang dari tiga kilometer.

James Donald, salah satu anggota parlemen Papua Nugini yang terlibat dalam proyek mengatakan pembangunan jalan ini nantinya akan memudahkan warga dari Indonesia dan Papua Nugini untuk berdagang barang dan jasa.

"Jalanan yang menghubungkan Indonesia dari Provinsi Barat akan membantu warga untuk memiliki akses yang lebih mudah dan lebih murah untuk barang dan jasa dari Indonesia," ujar James kepada Hilda Wayne dari ABC News di Melbourne.

"Tahun depan pembangunan jalan akan rampung diikuti dengan bangunan yang dibutuhkan untuk imigrasi dan keamanan, seperti di perbatasan internasional lainnya," kata James.

Menurut James, Indonesia menjadi negara tetangga terdekat Papua Nugini dan mereka memiliki kesempatan untuk membangun perbatasan demi kepentingan warga Provinsi Barat.

"Kami bukan musuh Indonesia, juga kami belum menggunakan kesempatan ini untuk memajukan warga dan jaringan kami."

Secara geografis, Provinsi Barat di Papua Nugini lebih dekat ke kota-kota di Provinsi Papua, Indonesia, dibandingkan ke Port Moresby, ibukota Papua Nugini. Karenanya, James mengatakan warga dari Provinsi Barat Papua Nugini menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan perjalanan ke Port Moresby serta untuk mengangkut barang dari Port Moresby.

Tapi dengan akses langsung ke sejumlah kota di Provinsi Papua, Indonesia, seperti Merauke misalnya, maka akan lebih memudahkan warganya. James menambahkan proyek besar pembangunan infrastruktur ini telah mendapat dukungan dari pemerintah Papua Nugini bekerja sama dengan mitra di Indonesia.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-12-18/jalan-hubungkan-png-dan-papua/10632448
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement