Rabu 20 Feb 2019 17:06 WIB

Pangeran MBS: India Telah Bantu Bangun Saudi Selama 70 Tahun

Nilai perdagangan kedua negara telah mencapai 27,5 miliar pada tahun lalu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden India Narendra Modi menyambut Pangeran Muhammad bin Salman di Bandara.
Foto: AP/Manish Swarup)
Presiden India Narendra Modi menyambut Pangeran Muhammad bin Salman di Bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman (MBS) bertemu dengan Presiden India Ram Nath Kovind, di Istana Presiden, Delhi. Dalam pertemuan tersebut, Salman mengatakan, Riyadh ingin mempertahankan dan meningkatkan hubungan bilateral dengan Delhi.

"Dengan kepemimpinan presiden dan perdana menteri, saya yakin kita dapat menciptakan hal-hal yang baik untuk Arab Saudi dan India," ujar Pangeran Muhammad seperti dilansir Asia News International, Rabu (20/2).

Baca Juga

Pangeran Muhammad menggambarkan masyarakat India sebagai teman bagi Saudi. Sebab, mereka telah membantu membangun Arab Saudi selama 70 tahun.

"Selama kunjungan ini, kami akan menunjukkan beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang Saudi di India," ujarnya.

Setelah resepsi di Istana Presiden, Pangeran MBS akan mengadakan pertemuan singkat dengan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj. Kemudian, dia juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan dilanjutkan dengan pembicaraan tingkat delegasi.

Menurut India Today, kedua pemimpin akan membahas tentang peningkatan hubungan pertahanan, termasuk mengadakan latihan angkatan laut bersama. Adapun kedua negara diharapkan menandatangani beberapa perjanjian kerja sama yakni di bidang pariwisata, investasi, perumahan, dan komunikasi.

Hubungan antara India dan Arab Saudi telah menguat sejak Modi mengunjungi Riyadh pada 2016. Kedatangan Modi pada waktu itu yakni untuk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mengenai kerja sama intelijen yang terkait dengan pencucian uang, dan pendanaan terorisme.

Perdagangan kedua negara mencapai 27,5 miliar dolar AS pada tahun lalu. India menggambarkan Arab Saudi sebagai pilar utama, terutama dalam ketahanan energi. Diketahui, sekitar 17 persen minyak mentah dan sepertiga gas alam cair India diimpor dari Saudi.

Dalam kunjungan tersebut, Pangera MBS diharapkan dapat melakukan upaya untuk meredakan ketegangan antara India dan Pakistan. Adapun ketegangan tersebut meningkat setelah adanya serangan bom di daerah Pulawarma pekan lalu.

Pangeran tiba di India pada Selasa (19/2) malam, setelah sebelumnya mengunjungi Pakistan. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah mengangkat masalah ketegangan antara India dan Pakistan dalam pembicaraannya dengan Pangeran MBS. Pakistan berharap MBS dapat mendorong para pemimpin India untuk menyelesaikan ketegangan tersebut melalui dialog.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement