Selasa 23 Jan 2018 15:03 WIB

16 Warga Cedera Akibat Erupsi Gunung Berapi di Jepang

Erupsi juga menyebabkan salju yang berada di gunung tersebut longsor.

Rep: Rizkyan Adhiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih
Gunung berapi di Jepang (ilustrasi).
Foto: AP
Gunung berapi di Jepang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Letusan gunung Kusatsu-Shirane di Kusatsu, Gunma di Jepang menyebabkan 16 pengunjung sebuah resor ski mengalami cedera. Didalamnya termasuk enam anggota militer yang tengah mengadakan latihan ski di kawasan tersebut.

Erupsi gunung tersebut memuntahkan batuan vulkanis yang menimpa sembilan warga sipil. Erupsi juga menyebabkan salju yang berada di gunung tersebut longsor dan menghantam satu orang warga sipil lainnya dan enam anggota militer Jepang.
 
Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan, satu warga sipil bersama enam anggota militer terjebak dan terkubur sekitar satu setengah jam di bawah salju. "Seluruh korban dan 30 anggota militer yang tengah berlatih saat ini sudah berhasil diselamatkan," kata Itsunori Onodera, Selasa (23/1).
 
Sedangkan, sekitar 80 pengunjung ditahan di stasiun gondola guna mendapatkan perlindungan saat erupsi terjadi. Otoritas menghentikan sementara operasional gondola menyusul peristiwa tersebut.
 
Tim evakuasi berusaha membawa puluhan pengunjung yang terjebak di stasiun gondola tersebut menggunakan kendaraan salju. Namun, tim mengalami kesulitan diakibatkan rentannya lapisan salju yang dipenuhi abu dan bebatuan.
 
Badan Meterologi Jepang mengatakan, erupsi gunung Kusatsu-Shirane terjadi sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Pihak berwenang masih menghitung kerugian yang diakibatkan peristiwa tersebut.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement