Jumat 26 Jan 2018 10:29 WIB

Alfridi: Merananya Dokter yang Membantu Melacak bin Laden

Bagaimana Pakistan memenjarakan pria yang membantu melacak dalang serang 10 november?

Seorang pria menceritakan apa yang terjadi di sisa reruntuhan rumah Osama bin Laden.
Foto: saudigazette.com
Seorang pria menceritakan apa yang terjadi di sisa reruntuhan rumah Osama bin Laden.

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR - Shakil Afridi telah mendekam di penjara selama bertahun-tahun sejak 2011, yakni ketika dokter Pakistan menggunakan penipuan vaksinasi untuk mengidentifikasi rumah Osama Bin Laden. Dia membantu Angkatan Laut AS yang berhasil melacak dan membunuh pemimpin Al-Qaeda tersebut.

Orang Amerika mungkin bertanya-tanya bagaimana Pakistan bisa memenjarakan seorang pria yang membantu melacak dalang serangan 11 September. Orang Pakistan cenderung mengajukan pertanyaan yang berbeda: bagaimana mungkin Amerika Serikat mengkhianati kepercayaannya dan merendahkan kedaulatannya dengan serangan rahasia malam hari yang mempermalukan militer dan badan intelijennya?

"Kisah Shakil Afridi adalah metafora yang sempurna untuk hubungan AS-Pakistan. Hal itu adalah  sebuah jalinan ketidakpercayaan dan miskomunikasi yang mengancam upaya kunci melawan terorisme, “ kata Michael Kugelman, wakil direktur program Asia di Woodrow Wilson Center di Washington.

AS percaya bahwa dukungan keuangannya memberi hak kepada Pakistan dalam upayanya untuk mengalahkan Taliban. Dan, sebagai kandidat, Donald Trump pernah berjanji untuk membebaskan Afridi. Kepada Fox News pada bulan April 2016 Trump akan mengeluarkannya dari penjara dalam "dua menit” karena kami memberikan banyak bantuan ke Pakistan. Tapi Pakistan marah atas apa yang dilihatnya sebagai campur tangan AS dalam urusannya.

Mohammed Amir Rana, direktur Institut Studi Perdamaian Pakistan di Islamabad, mengatakan bahwa defisit kepercayaan antara kedua negara adalah sebuah cerita lama yang tidak akan ditulis ulang sampai Pakistan dan AS merevisi harapan mereka satu sama lain agar mengenali keamanan mereka yang berbeda. Hal itu adanya keprihatinan dan rencana strategi perang Afghanistan untuk membunuh dan berbicara dengan Taliban.

"Shakil Afridi adalah bagian dari teka-teki yang lebih besar," katanya.

photo
File foto Shakil Afridi pada Juli tahun 2010.

Afridi belum melihat pengacaranya sejak 2012. Istri dan anak-anaknya adalah satu-satunya pengunjungnya. Selama dua tahun itu arsipnya hilang dan menunda permohonan pengadilan yang masih belum berjalan. “Pengadilan sekarang mengatakan bahwa jaksa penuntut tidak ada, “ kata pengacaranya, Qamar Nadeem Afridi, kepada The Associated Press.

"Semua orang takut untuk bahkan membicarakannya dan untuk menyebutkan namanya. Ini bukan tanpa alasan,” kata Nadeem, yang juga sepupu Afridi.

Di kantor Nadeem, angin masuk melalui jendela yang tertutup dan hancur oleh peluru. Di jendela lain, pita bening menutupi lubang peluru. Keduaanya meruakan lubang dari insiden penembakan beberapa tahun yang lalu dimana tidak ada tersangka yang diberi nama. “Pengacara Afridi lainnya ditembak mati di luar rumah Peshawar dan para deputi penjara Peshawar telah menganjurkan nama Afridi untuk ditembak mati,” kata Nadeem.

Afridi menggunakan program vaksinasi hepatitis palsu untuk mencoba mendapatkan sampel DNA dari keluarga Bin Laden sebagai alat untuk menentukan lokasinya. Tapi dia belum dituntut sehubungan dengan operasi terhadap Bin Laden.

“Di bawah hukum kesukuan telah menuduh bahwa dia membantu dan memfasilitasi militan di wilayah suku Khyber di dekatnya. Bahkan Taliban mencemooh tuduhan yang diajukan untuk menggunakan sistem kesukuan Pakistan, yang memungkinkan pengadilan tertutup, tidak meminta terdakwa untuk hadir di pengadilan, dan membatasi jumlah banding, “ kata Nadeem.

Jika didakwa dengan pengkhianatan — pihak yang berwenang Pakistan mengatakan bahwa komitmennya - Afridi memiliki hak untuk mendapatkan dengar pendapat publik dan banyak banding sampai ke Mahkamah Agung, di mana rincian serangan Bin Laden dapat dibiarkan kosong. “Hal ini sesuatu yang tidak dimiliki oleh sipil atau militer perusahaan yang menginginkannya,” kata pengacaranya.

Afridi menghabiskan hari-harinya sendirian, terisolasi dari populasi penjara umum yang penuh dengan militan yang telah bersumpah untuk membunuhnya karena perannya dalam menemukan Bin Laden. Meski begitu, pengacaranya Nadeem mengatakan bahwa pihak berwenang memperlakukan Afridi dengan baik dan dia dalam keadaan sehat. Ini menurut mereka yang telah melihatnya.

Tidak ada indikasi apakah Asisten Menteri Luar Negeri AS Alice Wells membawa kasus Afridi dalam pertemuan baru-baru ini di Pakistan. Namun dalam sebuah pernyataan, Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada AP bahwa Afridi belum dilupakan.

"Kami yakin Dr Afridi telah dipenjara secara tidak adil. Dan ono dengan jelas mengkomunikasikan posisi kami ke Pakistan mengenai kasus Dr Afridi, baik di depan umum maupun di tempat umum," katanya.

Dulu, Pakistan telah memberi tuntutan pembebasan Afia Siddiqui, seorang wanita Pakistan yang berada dalam tahanan AS yang dihukum. Dia sempat ditahan karena dituduh berusaha membunuh seorang tentara Amerika di Afghanistan.

"Ke Amerika, dia (Siddiqui) adalah seorang teroris," kata Kugelman. "Kepada Pakistan, dia benar-benar dipenjarakan tanpa bersalah,'' katanya.

sumber : saudigazette.com/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement