Jumat 28 Dec 2018 06:45 WIB

Cina Penjarakan Seumur Hidup Mantan Petinggi Polisi Rahasia

Perkara Ma terkait konglomerat Cina yang tinggal di New York.

Penjara   (ilustrasi)
Foto: AP/Rick Bowmer
Penjara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pengadilan Cina pada Kamis (27/12) menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mantan pejabat tinggi kepolisian rahasia. Pejabat tersebut, Ma Jian, dihukum karena menerima suap, melakukan kesepakatan bisnis secara paksa, dan perdagangan saham berdasarkan atas informasi dari orang dalam perusahaan.

Ma Jian, yang pernah menjabat wakil menteri pada Kementerian Keamanan Negara, adalah salah satu pejabat tinggi bidang keamanan yang dijebloskan ke penjara. Masuknya dia ke penjara sesudah pemimpin senior keamanan dalam negeri, Zhou Yongkang, dijerat hukum dalam skandal korupsi. Zhou pada 2015 divonis hukuman penjara seumur hidup.

Perkara Ma terkait dengan kasus orang paling dicari oleh Cina, Guo Wengui. Guo adalah konglomerat yang tinggal di New York dan mengundang perhatian internasional dengan pernyataannya yang meledak-ledak soal kepemimpinan Partai Komunis.

Pengadilan Peralihan Dalian mengatakan dalam pernyataan di lamannya membuat putusan atas dasar Ma menerima uang suap dalam jumlah besar dan kerja samanya dengan perusahaan Guo sangat serius. Ma emanfaatkan jabatannya untuk bersekongkol dengan Guo serta membantu mengendalikan bisnis Guo. Caranya dengan menggunakan ancaman untuk membuat transaksi ilegal, seperti memaksa orang-orang untuk memindahkan saham perusahaan.

Ma menerima lebih dari 100 juta yuan (sekitar Rp 212,1 miliar) dalam bentuk properti atas tugasnya. Ia juga mengumpulkan hampir lima juta yuan (sekitar Rp 10,6 miliar) dari perdagangan saham berdasarkan informasi dari orang dalam perusahaan.

Ma mengatakan ia menerima putusan itu dan tidak akan mengajukan banding. Ma diselidiki atas kasus korupsi pada 2015 dan dikeluarkan dari Partai Komunis pada tahun berikutnya setelah jaksa menuduhnya mencampuri kegiatan penegakan hukum.

Sejak Presiden Xi Jinping melanjutkan kepemimpinan pada 2012, puluhan pejabat tinggi telah diselidiki atau dikenai hukuman penjara. Xi bertekad mencabut akar korupsi serta memperingatkan Partai Komunis bisa terancam kehilangan kekuasaan karena kasus seperti itu.

Kementerian keamanan negara memiliki pengaruh kuat dan menjalankan tugas mematai-matai warga negaranya serta orang asing di dalam dan luar negeri. Kementerian itu adalah salah satu lembaga paling buram di Cina dan tidak memiliki laman umum atau juru bicara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement