Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Siapa Orang yang Namanya Ditulis di Senjata Penembak Masjid?

Selasa 19 Mar 2019 00:01 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Gambar yang diambil dari video terduga pelaku penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3).

Gambar yang diambil dari video terduga pelaku penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3).

Foto: AP
Tarrant sempat menulis manifesto dan mengunggah gambar senjata di Twitter.

REPUBLIKA.CO.ID, CHRISTCHURCH -- Pelaku penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru bernama Brenton Tarrant sempat menuliskan manifesto dan mengunggah gambar sejumlah senjata di jejaring sosial sebelum melakukan aksinya. Hal ini menjadi sebuah penjelasan pria berusia 28 tahun itu nampaknya mengagumi tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah, seperti pemimpin militer Balkan serta ideologi dan apa yang diyakininya. Pemimpin militer Balkan diketahui memerangi Muslim di masa lalu.

Dalam foto yang diunggahnya di akun Twitter miliknya, terlihat senapan otomatis, majalah-majalah, serta kontainer bahan bakar. Akun Twitter-nya telah dihapus, begitu pula dengan jejak digitalnya di media sosial.

Berikut nama orang, kata-kata, dan petunjuk beserta artinya yang ia tulis di senapannya, dilansir di Sputnik News.

  • Terdapat tulisan ‘Here’s Your Migration Compact!’ yang diyakini mengacu pada perjanjian PBB, yang bertujuan membangun pendekatan global bersama untuk migrasi internasional.
  • John Hunyadi, dikenal sebagai seorang pemimpin militer Hungaria yang juga menjadi kepala pemerintahan di negara itu antara 1446 dan 1456. Ia memimpin bangsanya melawan Turki.
  • ’14 words’ menjadi kata yang dicat ulang di beberapa bagian tempat amunisi senjata Tarrant. Ini adalah kalimat yang merujuk pada slogan supremasi kulit putih. Kalimat tersebut berasal dari Adolf Hitler dengan arti “Kita harus mengamankan keberadaan rakyat dan masa depan kita untuk anak-anak kulit putih.”
  • ‘Tur 732’ yang mengacu terhadap Battle of Tours di 732. Saat itu, pemimpin militer Frank Charles Martel mendorong balik invasi Arab terakhir ke Eropa Barat.
  • Turkofagos yang berarti pemakan orang Turki dalam bahasa Yunani. Ini adalah nama panggilan Nikitas Stamatelopoulos, salah satu pahlawan utama Perang Kemerdekaan Yunani yang dilancarkan oleh kaum revolusioner melawan Ottoman antara 1821 dan 1829.
  • Anton Lundin Pettersson, adalah nama yang tertulis di salah satu sisi senapan. Nama ini adalah nama dari seorang pelaku yang menikam guru dan siswa, serta menyebabkan dua orang lainnya terluka. Polisi menyebut insiden ini berkaitan dengan kebencian ras.
  • Marco Antonio Bradagin adalah nama lainnya yang tertulis di senapan, diyakini merujuk kepada seorang komandan Venesia yang memimpin perlawanan terhadap penaklukan Ottoman pada 1570.
  • Josur Estrbanez, seorang neo-Nazi Spanyol berusia 22 tahun yang menikam demonstran anti-fasis pada 2007. Ia dijatuhi hukuman penjara selama 26 tahun.
  • Milos Obilic, seorang yang disebut telah membunuh Sultan Utsmani Murad I dalam Pertempuran Kosovo pada 1389. Ia dihormati oleh Gereja Serbia sebagai orang yang suci.
  • Sigismund, seseorang dari Luksemburg yang diketahui sebagai bangsawan Eropa dan memerintah Kekaisaran Romawi pada 1433-1437. Ia memimpin Perang Salib Nicopolis, perang salib besar terakhir Abad Pertengahan.
  • Feliks Kazimierz Potocki adalah seorang komandan Polandia, yang dikenal sebagai salah satu bangsawan terkaya di negara itu pada zamannya. Ia berperang dengan Ottoman dan Tatar di pertengahan abad ke-17.
  • Iosif Gurko adalah marshal Rusia yang dikenal atas serangkaian kemenangan dalam Perang Rusia melawan Ottoman pada 1877 hingga 1878.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA