Rabu 17 Apr 2019 17:30 WIB

Rusa Tewaskan dan Cederai Pasutri Pemiliknya di Australia

Rusa berperilaku buruk pada musim kawin.

Hewan Rusa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Hewan Rusa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Polisi mengatakan seekor rusa peliharaan telah membunuh pemiliknya dan menyebabkan istri sang pemilik cedera berat di Australia, Rabu (17/4). Peristiwa itu merupakan serangan pertama yang terjadi setelah bertahun-tahun pada musim kawin, yaitu saat hewan-hewan berperilaku buruk.

Rusa tersebut, yang merupakan persilangan antara rusa dan kijang, menyerang pemiliknya segera setelah pria tersebut memasuki kandang di kompleks rumahnya di dekat kota Wangaratta. Wangaratta berada sekitar 200 Km arah barat laut dari Melbourne di Negara Bagian Victoria.

Baca Juga

Rusa tersebut juga menyerang istri pria itu hingga menyebabkan luka berat ketika sang istri berusaha menolong suaminya. "Malangnya, luka-luka yang diderita pria itu mematikan, sedangkan luka pada perempuan tersebut mengancam keselamatan jiwanya," kata seorang perwira kepolisian, Paul Pursell, kepada para wartawan.

Polisi menembak rusa tersebut ketika mereka tiba di tempat kejadian. Rusa mulai diperkenalkan di Australia pada abad 19 dan dianggap sebagai hama dengan jumlah lebih dari sejuta rusa di Victoria.

Hewan-hewan tersebut dikenal menjadi sangat mudah menyerang pada musim kawin tahunan atau masa birahi pada musim gugur. "Masanya sangat singkat ketika mereka menjadi pemarah dan saling beradu satu dengan yang lain," kata David Voss dari Asosiasi Rusa Australia, yaitu kelompok lobi pemburu.

Polisi tidak memberi keterangan rinci mengenai serangan tersebut. Voss mengatakan rusa biasanya menjauh ketika ada orang yang mendekat, namun rusa yang menewaskan pemiliknya tersebut tidak punya tempat untuk melarikan diri sehingga malah menyerang.

Menurut laporan Australian Broadcasting Corp, yang mengutip badan statistik nasional dalam sembilan tahun hingga 2017, Australia tidak menerima laporan kematian yang langsung disebabkan oleh rusa meskipun terdapat 77 kematian yang terkait kuda dan sapi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement