Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Trump Jadi Presiden Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Senin 27 May 2019 10:38 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah

Kaisar Jepang dan Permaisuri Masako menyambut Presiden AS Donald Trump (tengah kanan) dan ibu negara Melania Trump (kiri) di Imperial Palace, Tokyo, Senin (27/5).

Kaisar Jepang dan Permaisuri Masako menyambut Presiden AS Donald Trump (tengah kanan) dan ibu negara Melania Trump (kiri) di Imperial Palace, Tokyo, Senin (27/5).

Foto: Carl Court/Pool Photo via AP
Trump bertemu Kaisar Naruhito dengan ditemani Melania Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menorehkan sejarah pertama karena bertemu dengan kaisar baru Jepang pada Senin (27/5). Kaisar baru Jepang Naruhito naik takhta pada 1 Mei lalu dengan membuka era baru "Reiwa" atau harmoni yang indah.

Presiden Trump dan ibu negara Melania Trump memulai kunjungan resmi mereka dengan jabat tangan dan salam dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako. Trump dan Melania disambut dengan upacara megah dan arak-arakan.

Di hari panas dan terik, Trump berdiri sebelum berjalan menyusuri jalan beralaskan karpet merah untuk meninjau pasukan. Band-band militer pun bermain, Trump melewati sekelompok anak sekolah yang mengibarkan bendera AS dan Jepang.

Sejumlah tokoh pejabat Jepang, dan AS juga turut hadir menghadiri acara tersebut. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan istrinya Akie juga turut hadir.

Setelah kunjungannya dengan Naruhito, Trump akan bertemu kembali dengan Abe di rumah tamu resmi negara di Tokyo. Pada kunjungan kenegaraan empat harinya sejak Sabtu (25/5), Trump dan Abe serta tim masing-masing pihak dijadwalkan makan siang bersama.

Kemudian, kedua pemimpin yang kerap bermain golf setiap bertemu itu akan melakukan pembicaraan dalam suasana lebih formal pada konferensi pers bersama di Istana Akasaka. Kementerian Luar Negeri Jepang dalam sebuah pernyataan mengatakan, Trump dan Abe sedang memperdalam hubungan persahabatan dengan suasana cair. Kunjungan kenegaraan Trump bertujuan menunjukkan kekuatan hubungan antara AS-Jepang.

Dalam sambutannya kepada para pemimpin bisnis, Sabtu (25/5) Trump mengatakan, AS dan Jepang akan bekerja keras menegosiasikan perjanjian perdagangan bilateral baru yang akan menguntungkan kedua negara. Ia mengatakan, kedua negara berharap dapat mengatasi ketidakseimbangan perdagangan melalui kesepakatan perdagangan bilateral.

"Sehingga dapat menghilangkan hambatan untuk ekspor Amerika Serikat dan memastikan keadilan dan hubungan timbal balik dalam hubungan kami. Dan pasti kami semakin dekat," katanya.

Pertemuan keduanya pun diselingi dengan permainan golf dan menonton serta memberikan trofi pada turnamen sumo musim panas tahunan di Tokyo. Trump mempersembahkan piala besar untuk pemenang turnamen sumo. Trofi itu pun dijuluki sebagai Piala Presiden yang memiliki bobot antara 60 dan 70 pound atau 27 dan 32 kilogram.

Trump adalah presiden pertama yang memberikan piala langsung di atas ring. Trump dihjadwalkan kembali ke Washington pada Selasa (28/5) setelah bertemu dengan para pelaut AS di atas USS Wasp yang ditempatkan di Yokosuka, Jepang.

Baca Juga

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA