Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Lebih dari 71 Juta Anak di Pakistan Telah Divaksinasi Polio

Ahad 09 Jun 2019 02:52 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Petugas memeriksa produk akhir vaksin yang akan diekspor di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/9). Bio Farma mengekspor vaksin Polio (bOPV 20ds) ke Papua Nugini serta Vaksin Campak, TT, DTP, Td ke Pakistan, Afganistan, Sudan dan Maroko.

[ilustrasi] Petugas memeriksa produk akhir vaksin yang akan diekspor di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/9). Bio Farma mengekspor vaksin Polio (bOPV 20ds) ke Papua Nugini serta Vaksin Campak, TT, DTP, Td ke Pakistan, Afganistan, Sudan dan Maroko.

Foto: Novrian Arbi/Antara
Sekitar 407 juta tetes vaksin polio diberikan kepada balita di Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Lebih dari 71 juta anak-anak Pakistan telah divaksinasi polio sebagai bagian dari kampanye UEA di negara Asia Selatan yang dimulai lima tahun lalu. Berdasarkan laporan The National, sekitar 407 juta tetes vaksin polio diberikan kepada anak-anak di bawah usia lima tahun di Pakistan antara 2014 dan April tahun ini sebagai bagian dari Kampanye Polio Emirates.

Angka-angka tersebut dirilis pada Sabtu (9/6) oleh Program Bantuan UEA-Pakistan, sebuah inisiatif kesehatan bersama antara negara-negara yang mendukung upaya pemberantasan penyakit di seluruh dunia. Program ini diluncurkan atas perintah Presiden Sheikh Khalifa dan Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, pada 2014.

Hingga 2017, kampanye ini mengelola 254,4 juta dosis vaksin untuk 43 juta anak di Pakistan. Tahun lalu, cakupan diperluas untuk mencakup 83 wilayah lebih lanjut di empat provinsi, termasuk wilayah berisiko tinggi, membantu menjangkau 34 juta anak lagi.

Lebih dari 97 ribu pekerja polio, termasuk dokter, perawat, staf keamanan dan tim koordinasi, berada di lapangan dan sekarang merencanakan putaran kampanye tambahan dari Juni hingga Desember tahun ini. Anak-anak divaksinasi melalui tim polio tetap di pusat kesehatan atau oleh tim roaming yang ditunjuk untuk mencakup desa. 

Tim polio juga mengunjungi kamp-kamp pengungsi. Program ini juga menyelenggarakan kampanye media untuk mendorong orang tua untuk memvaksinasi anak-anak mereka terhadap penyakit yang melumpuhkan dan kadang-kadang fatal, dan melatih staf medis lokal untuk mengelola inokulasi.

Kampanye polio sedang dilakukan bekerja sama dengan Angkatan Darat Pakistan, Unicef, Organisasi Kesehatan Dunia, Institut Nasional Layanan Kesehatan Pakistan, Kementerian Kesehatan pemerintah provinsi dan Yayasan Bill and Melinda Gates. Sejak 2011, UEA telah menjadi mitra misi Yayasan Bill dan Melinda Gates untuk memberantas polio di seluruh dunia.

Kampanye global melawan polio diluncurkan pada 1988. Penyakit ini mudah dicegah dengan vaksin sederhana yang dikembangkan pada 1955 dan hampir seluruhnya telah diberantas di Barat selama lebih dari setengah abad. Australia dinyatakan bebas polio pada 1972 dan Inggris pada tahun 1982.

Di Pakistan, kasus polio telah berkurang dari 306 kasus pada 2014 menjadi 12 kasus pada tahun lalu. Menurut kantor regional WHO untuk Mediterania Timur, kasus polio di seluruh dunia menurun dari 359 kasus di sembilan negara pada 2014 menjadi 33 kasus pada 2018.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA