Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Thailand Masuk Destinasi Wisata Populer Pasar Halal

Selasa 18 Jun 2019 01:10 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Wisata Halal

Ilustrasi Wisata Halal

Foto: Foto : MgRol112
Peringkat Thailand ada di bawah Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK — Thailand diakui sebagai tujuan paling disukai kedua di dunia oleh pelancong Muslim. Negara itu tepat berada di bawah Singapura dan urutan ke-18 di dunia dalam pilihan pasar halal oleh komunitas Muslim internasional.

Menurut Bangkok Post, survei tahunan yang dilakukan CrescentRating and Mastercard, Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 menunjukkan, Thailand mendapat 57 poin. Sementara Singapura mengantongi 65 poin terbanyak.

Data tahun lalu menunjukkan, kunjungan Muslim ke Thailand mencapai sekitar 3,6 juta wisatawan. Angka itu setara dengan sekitar 10 persen dari total kedatangan secara global. Karena tren peningkatan pariwisata halal di pasar Thailand, negara itu gencar mempromosikan proyek-proyek baru untuk lebih meningkatkan minat wisatawan Muslim.

Seperti dilansir di Business Times pada Senin (17/6), Kementerian Pariwisata dan Olahraga mendorong penelitian mengenai minat wisatawan Muslim sejak Maret lalu. Sekolah Manajemen Sasin di Universitas Chulangkorn membantu penelitian tentang produk dan layanan pariwisata yang dapat memenuhi standar halal di negara itu. Selanjutnya, Sasin memberikan kursus atau pelatihan untuk produsen dan operator pariwisata, berfokus pada produk halal dan topik terkait lainnya.

Tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Olahraga berencana mengembangkan rute perjalanan halal yang diperkirakan menarik lebih banyak wisatawan Muslim. “Rute perjalanan juga harus menyediakan tujuan wisata dan memungkinkan pengunjung untuk mengalami budaya Muslim otentik dan belajar tentang komunitas di sini,” kata dosen di Institut Studi Asia di Universitas Chulalongkorn, Sukre Sarem.

Awal tahun ini, laporan Halal Travel Frontier 2019 menyarankan adanya inovasi teknologi dalam meningkatkan pasar dan pariwisata halal di negara itu. Pada 2015, Otoritas Pariwisata Thailand meluncurkan aplikasi Thailand Muslim Friendly yang membantu memenuhi kebutuhan segmen pariwisata halal. Harapannya, ada lebih banyak aplikasi untuk membantu memberikan informasi dan saran yang relevan kepada wisatawan dalam mencari fasilitas tempat ibadah dan restoran halal.

Pariwisata halal global diperkirakan akan berkembang sebesar seperempat miliar pada 2026, karena lebih banyak Muslim muda mengeksplorasi Asia. Analis industri mengatakan, audiens yang lebih muda di segmen pariwisata halal, mendorong adanya perubahan tentang ketentuan pariwisata halal. Para ahli telah mendesak sektor pariwisata secara keseluruhan, segera mengeksplorasi segmen halal global.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA