Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

Senin, 19 Zulqaidah 1440 / 22 Juli 2019

AS Nilai Kim Jong-Un Belum Siap Denuklirisasi

Selasa 25 Jun 2019 09:01 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
AS dan Korut belum sepakati soal denuklirisasi dan pencabutan sanksi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komunitas intelijen Amerika Serikat tidak yakin Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un siap dengan denuklirisasi. Hal itu disampaikan Direktur Badan Intelijen Pertahanan AS Letnan Jenderal Robert Ashley saat wawancara dengan Fox News, Senin (24/6).

Baca Juga

KTT Februari antara Kim dan Donald Trump kandas, saat kedua pemimpin tersebut tak mampu menjembatani perbedaan antara tuntutan AS soal denuklirisasi dan permintaan Korut atas pencabutan sanksi AS. "Kami masih terus menafsirkan ke dalam IC (komunitas intelijen) bahwa Kim Jong-un tidak siap dengan denuklirisasi," ucap Ashley.

Trump akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) pekan ini, setelah saling bertukar surat dengan Kim. Hal tersebut meningkatkan harapan pembicaraan untuk mengakhiri program nuklir Korut kembali dilanjutkan.

Trump dijadwalkan tiba di Korsel pada Sabtu. Menurut juru bicara kepresidenan, Ko Min-jung, selama dua hari kunjungannya, Trump akan menemui Presiden Moon Jae-in pada Ahad seusai KTT pemimpin G20 di Osaka, Jepang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA