Selasa 11 Jun 2019 11:48 WIB

Para Pesaing Pengganti Theresa May Mulai Bertarung

Theresa May mengundurkan diri dari jabatan PM Inggris dan ketua partai.

Rep: deutsche-welle/ Red:
Para Pesaing Yang Ingin Menggantikan Theresa May Mulai Bertarung
Para Pesaing Yang Ingin Menggantikan Theresa May Mulai Bertarung

Kubu Konservatif di parlemen Inggris hari Senin (10/6) akan membahas daftar kandidat yang akan menggantikan Theresa May yang mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri dan ketua partai.

Sejauh ini, ada 11 kandidat yang sudah menyatakan akan maju untuk untuk jabatan teratas di partai tua Inggris itu. Perdana Menteri May sudah mengirim surat pengunduran dirinya secara resmi hari Jumat lalu.

Kandidat yang dianggap paling berpeluang antara lain mantan Menteri Luar Negeri dan walikota London Boris Johnson, Menteri Luar Negeri saat ini Jeremy Hunt, mantan ketua House of Commons Andrea Leadsom dan Menteri Lingkungan saat ini Michael Gove.

Karena banyaknya kandidat yang akan bersaing, akan ada beberapa putaran pemungutan suara di antara 313 anggota parlemen Partai Konservatif untuk mempersempit kalangan kandidat.

Dua kandidat yang tersisa kemudian akan maju ke pemilihan putaran kedua yang akan dipilih oleh anggota partai, yang diyakini berjumlah sekitar 150.000 orang, namun tidak ada catatan resmi yang dipublikasi mengenai angka tersebut.

Janji menuntaskan Brexit

Pemungutan suara babakn pertama di anatara anggota parlemen dijadwalkan hari Kamis, 13 Juni, dengan pemungutan suara lebih lanjut pada tanggal 18, 19 dan 20 Juni jika diperlukan.

Kelompok moderat Pro-EU berharap untuk menghentikan mantan menteri luar negeri dan walikota London Boris Johnson (54 tahun) , yang dalam jajak pendapat didukung sekitar 32 persen anggota Partai konservatif. Dia berjanji membawa Inggris ke laur dari Uni Eropa "dengan atau tanpa perjanjian, sampai 31 Oktober".

Menlu saat ini Jeremy Hunt, 52 tahun, berjanji untuk "memacu pertumbuhan dan membuat ekonomi kita kompetitif pasca Brexit." Dia menyatakan siap menjadi seorang "pemimpin yang dapat dipercaya, yang siap untuk menyatakan kebenaran, dan yang terpenting, dihormati di panggung dunia."

Andrea Leadsom, 56 tahun, bertekad menjalankan "kepemimpinan yang tegas dan penuh kasih yang dibutuhkan negara kita." Sedangkan Michael Gove, 51 tahun, mengatakan dia "siap untuk menyatukan partai, siap untuk memberikan Brexit dan siap untuk memimpin negara besar kita."

Theresa May gagal penuhi Brexit

Theresa May dianggap gagal memenuhi Brexit, setelah RUU Brexit yang disepakatinya dengan Uni Eropa tiga kali ditolak oleh mayoritas anggota parlemen.

Selama pertarungan perebutan jabatan Ketua Umum di Partai Konservatif berlangsung, Theresa May akan tetap menjalankan jabatan Perdana Menteri.

Keputusan tentang siapa yang akan memimpin Partai Konservatif diharapkan sampai akhir Juli, sebelum parlemen ditutup untuk liburan musim panas pada bulan Agustus. Parlemen Inggris baru akan kembali bersidang awal September.

hp/tzn (rtr, afp, dpa)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement