Ahad 18 Feb 2018 06:41 WIB

Gempa Bumi Guncang Inggris Hingga Wales

Gempar tercatat berkekuatan 4,4 skala Richter.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Andri Saubani
Peta gempa yang mengguncang Inggris dan Wales, Sabtu (17/2).
Foto: EPA-EFE/USGS HANDOUT
Peta gempa yang mengguncang Inggris dan Wales, Sabtu (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah gempa berskala 4,4 SR mengguncang wilayah Inggris hingga Wales, Sabtu (17/2). Menurut Badan Survei Geologi (BGS) gempa tersebut dirasakan di seluruh wilayah Wales serta Inggris di wilayah London hingga Lake.

Pusat gempa berada sekitar 20 km bagian utara Swansea dan pada kedalaman 7,4 km. Hingga saat ini belum ada laporan tentang kerusakan parah yang terjadi maupun korban jiwa.

Dilansir dari BBC, gempa seperti ini terjadi di Inggris setiap tiga hingga lima tahun sekali. Roger Musson dari BGS mengatakan, "Ini adalah gempa terbesar di Inggris sejak 10 tahun terakhir. Saat itu gempa berskala 5,2 SR terjadi pada 2008 di Market Rasen, Lincolnshire".

Musson juga menyatakan, kedalaman gempa termasuk dangkal. Mengingat, biasanya gempa besar di Inggris kedalamannya antara 15 hingga 20 km.

Polisi Dyfed Powys mengatakan, pihaknya menerima banyak telepon terkait dengan gempa yang terjadi. Sementara itu Polisi South Wales meminta masyarakat untuk tidak menelpon emergency center kecuali melaporkan kerusakan atau cedera.

Gempa ini sendiri menyebabkan sebuah permainan sepak bola dalam Welsh Football League di Port Talbot terpaksa dihentikan sementara. Steven Clathworthy seorang warga yang tinggal di dekat Bridgend, Wales Selatan, menyatakan, dirinya mendengar suara 'bang' dan barang-barangnya bergerak. "Semua tetangga keluar dari rumah dan menanyakan apa yang terjadi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement