Ahad 08 Apr 2018 16:11 WIB

Ribuan Warga Inggris Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Anggota parlemen dan politikus juga menegaskan solidaritasnya terhadap Palestina.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan warga Inggris berkumpul di London mengecam serangan Israel di Gaza, Sabtu (8/4).
Foto: Aljazirah/Claire Gilbody Dickerson
Ribuan warga Inggris berkumpul di London mengecam serangan Israel di Gaza, Sabtu (8/4).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ribuan warga Inggris yang tergabung dalam Forum Palestina terlihat berkumpul di Ibu Kota London, Sabtu (7/4). Mereka berdiri di depan kediaman resmi Perdana Menteri Inggris melakukan aksi solidaritas untuk Palestina.

Dalam kesempatan itu, banyak warga Inggris yang menyuarakan kecaman terhadap pendudukan Israel di tanah Palestina. Terlebih, dengan serangan brutal yang diluncurkan pasukan negara itu pada Maret lalu terhadap warga di Jalur Gaza.

Juru bicara Forum Palestina di Inggris Abdul Rahman Tamimi, dilansir di

Middle East Monitor, mengatakan Perdana Menteri Theresa May harus menghentikan Israel. Salah satu hal yang dapat dilakukan Inggris adalah dengan tak lagi mempersenjatai senjata Israel.

Tak ketinggalan, acara ini juga dihadiri anggota parlemen House of Lords, Baroness Jenny Tonge. Ia mengatakan apa yang terjadi di Jalur Gaza adalah sesuatu yang memalukan sekaligus memilukan.

Kemudian ada wakil dari Partai Buruh yang mewakili pemimpin partai Jeremy Corbyn. Partai Buruh menegaskan solidaritasnya atas apa yang terjadi di Jalur Gaza dan penolakan mereka terhadap pendudukan Israel.

Tak ketinggalan aksi solidaritas terhadap Palestina juga dihadiri oleh organisasi-organisasi Yahudi di Inggris. Mereka menyerukan perdamaian dan solidaritas yang harus dibangun antara Israel dan Palestina.

Mereka dengan tegas menolak pembantaian yang dilakukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gaza atas nama Yahudi. organisasi tersebut mengatakan tidak seharusnya nama Yahudi digunakan dalam hal yang keji dan tak berhati nurani tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement