Sabtu 26 May 2018 10:33 WIB

Jumlah Warga Rumania di Britania Raya Meningkat

Rumania menjadi kewarganegaraan non-Inggris kedua terbanyak di Britania Raya

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Rumania
Foto: education.randmcnally.com
Rumania

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Rumania menjadi kewarganegaraan non-Inggris dengan jumlah terbanyak kedua di Britania Raya. Kewarganegaraan non-Inggris terbanyak adalah Polandia dengan jumlah penduduk satu juta jiwa. Pada 2017, jumlah warga Rumania yang tinggal di Inggris tercatat sebanyak 411 ribu jiwa. Berdasarkan data Kantor Statistik Nasional Britania Raya (ONS), angka itu meningkat 25 persen dari 2016.

Kenaikan signifikan membuat jumlah warga Rumania di Britania Raya saat ini lebih banyak dari warga Irlandia atau India. Data tahun 2017, ada sekitar 350 ribu warga Irlandia dan 346 ribu warga India yang tinggal di Inggris.

Penambahan jumlah warga Rumania yang tinggal di Britania Raya ada kaitannya dengan aturan yang kini berlaku. Sejak 2014, Britania Raya telah mencabut pembatasan hak warga Rumania untuk bekerja di sana.

Pemerintah Inggris juga telah mencapai kesepakatan dengan Uni Eropa tentang hak warga negara. Per 31 Desember 2020, orang yang tinggal terus-menerus dan mematuhi hukum selama lima tahun di Inggris dapat mengajukan permohonan untuk tinggal tanpa batas dengan mendapatkan status menetap.

Data lain yang dirilis ONS mengungkap jumlah total warga negara non-Inggris yang tinggal di Britania Raya mencapai 6,2 juta jiwa pada 2017. Mayoritas tinggal di Kota London, tersebar di otoritas lokal Newham (38 persen), Westminster (36 persen), dan Brent (34 persen).

"Populasi non-Inggris terus meningkat karena semakin banyak orang yang terus datang ke Inggris untuk menetap daripada mereka yang pindah ke luar negeri," kata Nicola White dari divisi statistik migrasi ONS, dikutip dari laman The Guardian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement