Sabtu 14 Jul 2018 06:17 WIB

Putin tak Mau Anggap Donald Trump Musuh

Putin menilai Donald Trump sebagai rekan untuk bernegosiasi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump di KTT APEC di Hanoi, Vietnam, (11/11).
Foto: EPA
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump di KTT APEC di Hanoi, Vietnam, (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin menganggap Presiden Amerika Serikat (AS) sebagai rekan utama untuk bernegosiasi. Hal itu merupakan respons Putin atas pernyataan Trump yang menyebutnya bukan sebagai seorang teman atau musuh, tetapi pesaing.

"(Presiden Putin melihat Trump sebagai) Presiden Amerika Serikat, seorang rekan dalam negosiasi yang dijadwalkan Senin (16/7)," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Jumat (13/7), dilaporkan laman kantor berita Rusia, TASS.

Sebelumnya, saat menghadiri konferensi pers di markas Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Brussels, Belgia, Trump menyatakan bahwa Putin adalah pesaing baginya. "Dia (Putin) mewakili Rusia dan saya mewakili AS. Jadi dalam arti kami adalah pesaing, bukan pertanyaan teman atau musuh," katanya.

Kendati demikian, Trump tak menampik keinginannya untuk berteman dengan Putin. "Dia bukan musuhku. Semoga suatu hari nanti, mungkin dia akan menjadi teman," ujar Trump.

Trump dan Putin akan bertemu di Helsinki, Finalandia, pada 16 Juli mendatang. Dalam pertemuan itu Trump dan Putin akan membahas sejumlah isu, antara lain krisis Suriah, denuklirisasi Semenanjung Korea, dan dugaan keterlibatan Rusia dalam pilpres AS pada 2016. Pertemuan kedua pemimpin itu disebut-sebut penting untuk memperbaiki hubungan Rusia dan AS.

Baca: Donald Trump Disambut Olok-Olok Warga Inggris di London

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement