Friday, 15 Rajab 1440 / 22 March 2019

Friday, 15 Rajab 1440 / 22 March 2019

Manuskrip Musik Abad Pertengahan Ditemukan di Italia

Selasa 24 Jul 2018 02:51 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andri Saubani

Manuskrip-manuskrip kuno

Manuskrip-manuskrip kuno

Foto: Amusing Planet
Dokumen berharga dengan notasi musik diperkirakan dari periode sekitar abad ke-11.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sebuah perkamen kuno yang berisi manuskrip musik abad pertengahan ditemukan di Italia. Dokumen berharga dengan notasi musik periode sekitar abad ke-11 itu ditemukan di perpustakaan Universitas Pavia.

Informasi diumumkan pada pernyataan resmi Kementerian Aktivitas dan Warisan Budaya Italia pada Senin (23/7). Arsip klasik tersebut ditemukan selama proses restorasi karya Giovanni De Deis, In Ecclesia Mediolanensi, yang didanai kementerian.

Menteri Kebudayaan Alberto Bonisoli telah berkomentar tentang temuan tersebut. Dia menyoroti pentingnya upaya melindungi dan meneliti buku kuno peninggalan budaya, juga krusialnya kolaborasi dengan dunia kampus dan sistem perpustakaan mumpuni.

Direktur jenderal perpustakaan dan institut budaya di bawah naungan kementerian, Paola Passarelli, turut mengemukakan pendapatnya. Menurut Passarelli, temuan itu adalah buah dari sinergi penggunaan instrumen modern untuk meneliti catatan masa lalu.

Keunikan dokumen adalah tulisan yang mudah dibaca walaupun terlapisi lem hewan dan saling menempel. Pakar musik abad pertengahan asal Prancis, Dominique Gatte, memverifikasi bahwa dokumen itu adalah halaman antiphonarium atau dokumen peribadatan.

"Fragmen ini ditemukan dalam breviary (buku layanan peribadatan), bagian-bagian yang dinyanyikan dalam liturginya mungkin salah satu yang tertua saat ini," kata Gatte, dikutip dari laman Prensa Latina.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA