Rabu 22 Aug 2018 03:37 WIB

AS Berlakukan Sanksi Aktivitas Terkait Dunia Maya

Dua perusahaan Rusia dinilai membantu perusahaan Rusia lain menghindari sanksi.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Friska Yolanda
Kantor The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat
Foto: Wikimedia Commons
Kantor The Federal Reserve di Washington, Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS), Selasa (21/8) memberlakukan sanksi terhadap perusahaan Rusia dan perusahaan Slovakia yang disebut membantu perusahaan Rusia lainnya untuk menghindari sanksi kegiatan dunia maya yang sebelumnya telah dijatuhkan AS.

Departemen Keuangan AS mengatakan, perusahaan yang terkena sanksi adalah Vela-Marine Ltd yang berbasis di Saint Petersburg dan Lacno SRO yang berbasis di Slovakia. Kedua perusahaan itu membantu Divetechnoservices menghindari sanksi yang sebelumnya telah dijatuhkan.

Pada Juni, AS menjatuhkan sanksi kepada Divetechnoservices yang juga berbasis di Saint Petersburg terkait pengadaan peralatan bawah air dan sistem penyelaman untuk lembaga pemerintah Rusia termasuk badan intelijen FSB Rusia. Pemerintahan AS memberikan sanksi pada FSB pada Desember 2016 dengan alasan pelecehan pemerintah Rusia terhadap pejabat AS dan operasi dunia maya yang ditujukan untuk pemilihan presiden AS 2016.

Dua orang yang dijatuhi sanksi adalah Marina Igorevna Tsareva dan Anton Aleksandrovich Nagibin. Dalam sebuah pernyataan di situs website Kementerian Luar Negeri Rusia, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov menyebut sanksi terbaru AS tersebut tidak berdasar. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement