Ahad 14 Oct 2018 13:39 WIB

Badai Leslie Hantam Portugal

Pergerakan badai sedang menuju Spanyol utara.

Rep: Fergi nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Badai Leslie menghantam Portugal.
Foto: reuters
Badai Leslie menghantam Portugal.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON - Badai melanda Portugal pada Sabtu (13/10) waktu setempat. Badai dengan kekuatan besar tersebut merobohkan ratusan pohon dan mematikan listrik lebih dari 15 ribu rumah.

Badai yang dikenal dengan badai Leslie tersebut bergerak ke arah utara dan selatan Portugal dan menyisakan puing-puing reruntuhan pohon setelah badai mendarat di wilayah Portugal.

Meski demikian, belum terdapat laporan kematian atau luka dari warga. Para pejabat telah memperingatkan warga untuk tidak keluar rumah. Sejumlah penerbangan pun telah dibatalkan.

Badai Leslie kali ini merupakan salah satu badai yang paling kuat yang pernah menghantam negara itu. Kini, pergerakan badai sedang menuju Spanyol utara.

Kecepatan angin yang dihasilkan badai Leslie mencapai hingga 176km / jam (109mph) yang dicatat setelah badai menghantam daratan.

Sebelumnya, sangat jarang badai besar menghantam wilayah tersebut. Diperkirakan, badai ini adalah badai terbesar di Portugal sejak 1842.

Namun, Badai Leslie, sebelumnya juga diperingatkan pada 23 September, yang diturunkan menjadi badai tropis sebelum terjadi pendaratannya pada Sabtu malam.

Kepala perlindungan sipil Portugal Luis Belo Costa memperingatkan akan terjadinya kemungkinan banjir di wilayah pesisir menjelang kedatangan badai pada Jumat lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement