Jumat 30 Nov 2018 14:51 WIB

Jerman Investigasi Kerusakan Pesawat yang Bawa Angela Merkel

Seluruh sistem komunikasi pesawat pemerintah itu tidak berfungsi.

Rep: Marniati/ Red: Nur Aini
Angela Merkel
Foto: EPA-EFE/NDR/Wolfgang Borrs
Angela Merkel

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pesawat yang membawa Kanselir Jerman Angela Merkel  ke KTT G20 Argentina mengalami gangguan. Surat kabar Jerman Rheinische Post melaporkan pada Jumat (30/11) bahwa saat ini tim investigasi sedang melakukan pemeriksaan apakah ada unsur kriminal dalam kerusakan itu.

"Pemerintah sedang memeriksa apakah insiden itu memiliki latar belakang kriminal. Namun sumber kemananan mengatakan para penyidik ​​biasanya akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait insiden semacam itu," tulis Rheinische Post.

Kerusakan Airbus A340 milik pemerintah itu diketahui saat Merkel sudah berada di udara. Pesawat akhirnya melakukan pendaratan darurat di bandara Cologne-Bonn, Jerman pada Kamis malam.

Merkel menyebut insiden itu sebagai "malfungsi serius". Dia dan Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz akan melanjutkan perjalanan ke Buenos Aires pada Jumat pagi. Namun, mereka akan tiba setelah para pemimpin G20 memulai diskusi mereka.

Majalah Der Spiegel mengatakan seluruh sistem komunikasi pesawat pemerintah tidak berfungsi. Hal itu merupakan keadaan darurat yang serius, para awak dipaksa untuk merencanakan pendaratan menggunakan telepon satelit on-board.

KTT G20 di Argentina resmi dibuka pada Jumat hari ini. KTT akan berlangsung selama dua hari dengan dihadiri para pemimpin dunia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement