Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Sabtu, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 Februari 2019

Rusia akan Gelar Pertemuan dengan NATO

Selasa 22 Jan 2019 04:17 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Torpedo Nuklir Rusia

Torpedo Nuklir Rusia

Foto: The Guardian
Pertemuan itu kemungkinan akan berfokus pada konflik di Ukraina dan senjata nuklir.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Perwakilan NATO dan Rusia akan menggelar pertemuan di Brussels, Belgia, pada Jumat (25/1). Pertemuan itu kemungkinan akan berfokus pada konflik di Ukraina dan persenjataan nuklir.

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan kesembilan Dewan NATO-Rusia sejak pertama kali digelar pada 2016. "Setelah berkonsultasi dengan Rusia, kami sepakat untuk menggelar pertemuan Dewan NATO-Rusia di tingkat duta besar pada 25 Januari, 2019 di markas NATO di Brussels," kata NATO pada Senin.

NATO telah mengkritik Rusia atas penyitaan tiga kapal Angkatan Laut Ukraina dan penahanan anak buah kapalnya November lalu. Pengadilan di Moskow pekan lalu memutuskan bahwa ke-24 pelaut Ukraina yang ditangkap di lepas pantai Crimea harus menjalani penahanan prasidang sampai April.

Sementara itu, Rusia memperingatkan bahwa strategi pertahanan rudal AS bisa memicu perlombaan persenjataan yang berbahaya di luar angkasa dan peluncuran kembali program 'Perang Bintang' era Perang Dingin.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump telah menyampaikan rencananya untuk mundur dari perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF) yang sepakati pada 1987 atas dasar pelanggaran yang dilakukan Rusia. Rusia mengatakan pihaknya mematuhi perjanjian itu, dan sebaliknya, menyebut AS-lah yang melanggar perjanjian itu.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB