Jumat 23 Mar 2018 07:42 WIB

NATO Bantu Bosnia Deteksi Ladang Ranjau

Bosnia berencana melakukan evaluasi semua area beranjau yang masih ada

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Esthi Maharani
Ledakan di ladang ranjau (ilustrasi)
Foto: FLICKR
Ledakan di ladang ranjau (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SARAJEVO -- NATO dan EUFOR akan menyerahkan otoritas 800 citra udara pascaperang 1990an kepada Bosnia untuk membantu mendeteksi dan menyisir sekitar 120 ribu ranjau darat yang masih tersebar di negara Balkan tersebut.

NATO mengoperasikan 60 ribu tentara telah menjaga perdamaian di Bosnia setelah AS memediasi perdamaian konflik internal mereka pada 1995. Sepanjang itu, NATO mengambil citra udara dari 50 lokasi ranjau darat dan peralatan berpotensi ledak lainnya yang terdapat di permukaan tanah di seluruh wilayah Bosnia.

"Semua citra udara itu kini dipegang oleh EUFOR. EUFOR sendiri mengambil alih misi perdamaian di Bosnia sejak 2012 lalu," demikian dilansir Reuters, Kamis (22/3).

''Foto udara ini akan membantu penelahaan lebih baik bagi penanggung jawab pembersihan ranjau darat yang masih tersisa panca perang,'' kata Menteri Urusan Sipil Bosnia Adil Osmanovic usai menandatangani nota kesepahaman dengan komandan-komandan NATO dan EUFOR di Bosnia.

Bosnia berencana melakukan evaluasi semua area beranjau yang masih ada sepanjang 2018-2019 ini. Proyek yang dibiayai dari Uni Eropa ini akan membantu operasional strategi pembersihan ranjau darat Bosnia.

Pusat Pembersihan Ranjau Bosnia (MAC) memprediksi ada sekitar 1.000 meter persegi lahan yang masih menyimpan ranjau peninggalan perang yang menewaskan lebih dari 100 ribu orang dan membuat lebih dari sejuta orang Bosnia mengungsi. MAC menyatakan ada lebih dari 600 orang yang tewas dan 1.700 orang terluka akibat kecelakaan akibat ranjau darat sejak perang usai pada 1995. Pada 2017 saja, ada tiga orang tewas dan empat luka akibat insiden akibat ranjau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement