Sabtu 24 Nov 2018 04:51 WIB

Prancis akan Kembalikan 26 Karya Seni Benin

Sebanyak 26 singgasana dan patung diambil dari Benin pada 1892 selama perang kolonial

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Gita Amanda
Presiden Perancis Emmanuel Macron ketika mengunjungi anak-anak usia dini di Paris.
Foto: AP/Christophe Ena
Presiden Perancis Emmanuel Macron ketika mengunjungi anak-anak usia dini di Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Prancis akan mengembalikan 26 karya seni yang diambil dari negara Benin di Afrika Barat. Karya ini diambil pada era kolonial dan berada di Prancis dalam waktu lama.

Hal tersebut disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pengumuman ini mengikuti laporan para ahli yang merekomendasikan agar harta Afrika di Museum Prancis dikembalikan ke negara asal mereka.

Seperti diberitakan laman BBC, sebanyak 26 singgasana dan patung diambil pada 1892 selama perang kolonial melawan Kerajaan Dahomey. Saat ini benda bersejarah tersebut dipamerkan di Museum Quai Branly di Paris.

Benin secara resmi meminta Prancis mengembalikan 26 karya itu beberapa tahun yang lalu. Namun kini, Macron akan mengembalikannya tanpa penundan.

Ia berharap, semua kemungkinan sirkulasi karya-karya ini bisa terus terjadi bukan hanya berupa pengembalian, tapi juga pameran, pinjaman, kerja sama lebih lanjut.

Sebuah panel ahli yang ditugaskan Macron untuk mempelajari karya seni Afrika di Museum Prancis mempresentasikan temuan mereka.

Sementara itu, Direktur Pusat Kebudayaan Benin Ousmane Aledji mengatakan, ia senang melihat adanya bentuk pertukaran budaya baru dengan Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement