Rabu 28 Nov 2018 00:10 WIB

Menlu Jerman: Rusia Harus Hormati Hukum Internasional

Penangkapan kapal Ukraini memicu ketegangan kembali dengan Moskow.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.
Foto: Reuters/Thomas Peter
Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN—  Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mendesak Moskow mematuhi lagi hukum internasional dan menghormati kedaulatan wilayah negara tetangga setelah Rusia menyita kapal Ukraina.

"Rusia harus menghormati hukum internasional lagi dan tidak melanggar kedaulatan wilayah negara tetangganya," kata Maas dalam pidato di Berlin, Selasa (28/11).

Maas mengatakan, untuk mencapai itu, Jerman dan sekutunya di Eropa memerlukan prinsip jelas dan "dialog sejati" mengenai keamanan di Eropa. 

Presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingatkan ancaman "sangat serius" dari serbuan lewat darat setelah Rusia menyita tiga kapal angkatan laut Ukraina dan menawan awak kapal itu pada akhir pekan lalu.

Dari Kiev, Reuters melaporkan seorang perwira kontra-intelijen militer Ukraina menderita luka berat setelah pesawat Rusia menembakkan peluru kendali ke arah kapal Ukraina pada Ahad, kata kepala dinas keamanan negara (SBU) Ukraina.

Ukraina dan Rusia terlibat saling tuduh setelah Rusia menembak tiga kapal Ukraina kemudian menguasai kapal-kapal tersebut. Konfrontasi itu mendorong Ukraina memberlakukan darurat militer di beberapa kawasan, dengan mengutip ancaman serbuan darat oleh Rusia.

"Menurut informasi SBU, yang sudah terkonfirmasi, salah satu pesawat tempur Rusia menggunakan dua peluru kendali terhadap kapal-kapal Ukraina. Akibatnya, salah seorang perwira SBU menderita cedera parah," kata Vasyl Hrytsak dalam pernyataan pada Selasa.

Rusia mengatakan perwira SBU termasuk di antara yang ditangkap. Hrytsak membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa perwira keamanan tersebut mendukung militer di sana.

"Yang mengagetkan ialah terhadap dua kapal dan kapal tunda kecil Ukraina itu, pihak Rusia menggunakan enam "FSB" (Dinas Keamanan Federal Rusia) dan empat kapal angkatan laut, dan juga helikopter-helikopter serbu serta pesawat-pesawat tempur Angkatan Udara Federasi Rusia," kata dia.

Dia menambahkan dewan keamanan Ukraina mengambil semua langkah yang perlu untuk menjamin pembebasan mereka yang ditangkap.

Konfrontasi tersebut menimbulkan ketegangan lagi setelah Rusia mencaplok Krimea pada 2014 dan mendukung pemberontakan pro-Moskow di Ukraina timur.

 

 

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement