Ahad 10 Mar 2019 05:00 WIB

Ratusan Orang Berpawai di Paris Bersama Demonstran

Aksi-aksi lain direncanakan berlangsung di beberapa kota Prancis pada hari ini.

Pengunjuk Rasa Rompi Kuning berjalan di Champs Elysees, Paris, Prancis, Sabtu (9/3).
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Pengunjuk Rasa Rompi Kuning berjalan di Champs Elysees, Paris, Prancis, Sabtu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ratusan pengunjuk rasa "rompi kuning" berpawai di Paris pada Sabtu (9/3) waktu setempat. Demo itu menunjukkan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memadamkan ketakpuasan dengan serangkaian debat di seluruh negeri belum menuai hasil.

Aksi anti-pemerintah tersebut telah memasuki pekan ke-17. Para pemerotes mengenakan rompi-rompi neon dengan visibilitas tinggi, yang merupakan simbol untuk gerakan itu.

Rompi kuning ini bergabung dengan para pekerja perawatan anak yang mengenakan pakaian merah muda. Para pekerja perawatan anak mengenakan pakaian merah muda menolak reformasi subsidi pengangguran mereka.

Aksi-aksi lain direncanakan berlangsung pada Sabtu di beberapa kota Prancis seperti Bordeaux dan Toulouse dan juga kota-kota kecil seperti Puy-en-Velay. Beberapa demonstran mengadakan aksi di bandar udara Charles de Gaulle di Paris dengan mengibarkan bendera-bendera Prancis dan berjoget di salah satu terminal, menurut gambar televisi di BFM TV.

Aksi unjuk rasa mulai berlangsung pada November lalu menentang rencana Macron untuk menaikkan pajak bahan bakar. Kebijakan itu bagian dari usahanya untuk mendorong model energi lebih bersih. Selanjutnya, protes-protes berubah menjadi kegiatan yang lebih besar.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement