Rabu 24 Apr 2019 22:04 WIB

Lima Tantangan Komedian Zelenskiy Sebagai Presiden Ukraina

Zelenskiy akan menghadapi tantangan terutama dalam bidang ekonomi dan keuangan

Volodymyr Zelenskiy
Foto: AP Photo/Vadim Ghirda
Volodymyr Zelenskiy

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Komedian Ukraina, Volodymyr Zelenskiy memenangi pemilihan presiden (pilpres) yang digelar pada Ahad (21/4) lalu. Komedian yang tidak memiliki latar belakang politik tersebut akan resmi menjabat sebagai presiden saat dilantik sekitar awal Juni mendatang.

Ketika resmi menjabat sebagai presiden Zelenskiy akan menghadapi banyak tantangan, terutama dalam bidang ekonomi dan keuangan. Berikut adalah lima tantangan yang akan dihadapinya :

1. Serangan kursi panas

Kemampuan Zelenskiy untuk bekerja dengan parlemen Ukraina, Rada, sangat penting untuk memenuhi harapan para pemilihnya. Sebagai presiden, dia akan menunjuk kepala dinas keamanan negara, kepala militer, jaksa penuntut umum, gubernur bank sentral, serta menteri luar negeri dan pertahanan. Penunjukkan ini harus sesuai dengan persetujuan parlemen.

2. Latihan untuk membangun tim

Zelenskiy tidak memiliki pengalaman politik. Para investor ingin Zelenskiy tidak salah langkah dalam memilih timnya. "Zelenskiy mungkin tidak berpengalaman dalam urusan luar negeri, tetapi saya pikir dia akan memiliki banyak pilihan individu yang berpengalaman sebagai menteri luar negeri, dan akan menerima banyak dukungan, serta saran dari pemerintah Barat," ujar Timothy Ash dari BlueBay Asset Management.

3. Dana Moneter Internasional (IMF)

Bantuan IMF telah menjaga ekonomi Ukraina, sehingga dukungan dana yang berkelanjutan dipandang sangat penting. Terutama sekitar 3 miliar dolar AS atau 2 persen dari PDB dari kewajiban utang luar negeri, termasuk bunga yang akan jatuh tempo pada sisa tahun 2019. Selain itu, sekitar 5,5 miliar dolar AS lainnya atau sekitar 4 persen dari PDB harus dibayarkan pada 2020. Zelenskiy sudah ingin berbicara dengan IMF tentang membalikkan beberapa kenaikan harga gas. Namun IMF menilai, Kiev harus memperbaiki keuangan terlebih dahulu.

4. Masalah PrivatBank

Satu satu kekhawatiran adalah hubungan Zelenskiy dengan oligarki Igor Kolomoisky, yang merupakan mantan pemilik bank pemberi pinjaman terbesar, Ukraina PrivatBank yang dinasionalisasi pada 2016. Masyarakat internasional telah menaruh keprihatinan tentang kasus korupsi di Ukraina. Beberapa orang mengajukan pertanyaan mengenai masa depan PrivatBank dan kepentingan Kolomoisky di Ukraina.

5. Hubungan dengan Rusia

Para pemimpin dunia berseru untuk memberikan ucapan selamat kepada Zelenskiy saat dirinya memenangkan pilpres. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin tetap diam dan tidak ikut mengucapkan selamat. Upaya Zelenskiy dalam menangani hubungan antara Ukraina dan Rusia akan sangat menentukan keberhasilannya di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement