Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Putin Tiba di Vladivostok untuk Bertemu Kim Jong-un

Kamis 25 Apr 2019 10:54 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Stasiun Kereta Khasan di kawasan Primorye, Rusia, Rabu (24/4).

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Stasiun Kereta Khasan di kawasan Primorye, Rusia, Rabu (24/4).

Foto: Primorsky Regional Administration Press Service via AP
Putin dan Kim Jong-un akan cari solusi kebuntuan proses denuklirisasi Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, VLADIVOSTOK -- Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Vladivostok untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Sebelumnya, Kim Jong-un melintasi perbatasan ke Rusia dengan kereta api, Rabu (24/4).

Pertemuan Kamis (25/4) ini mencerminkan upaya Rusia untuk memantapkan posisi mereka sebagai pemain kunci dalam kebuntuan proses denuklirisasi Korea Utara. Itu merupakan kunjungan pertama Kim ke Rusia sejak pertemuan kedua dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dua bulan yang lalu yang tidak menghasilkan kesepakatan apa-apa. Sebab, kedua belah pihak gagal menjembatani perbedaan mereka. Korut ingin AS segera mencabut sanksi ekonomi. Sementara AS ingin Korut lebih dulu membuktikan mereka telah menyingkirkan semua senjata nuklir mereka. 

Baca Juga

Putin dan Kim dijadwalkan akan bertemu secara pribadi di Far Eastern State University yang terletak di Pulau Russky, seberang jembatan Vladivostok. Pertemuan tersebut akan dilanjutkan dengan jajaran pemerintahan kedua belah pihak. 

Saat tiba di Vladivostok, Kim mengatakan ia berharap pertemuan itu 'berhasil dan berguna'. Sebelumnya Kantor berita Rusia, RIA memberitakan saat tiba di Rusia, Kim langsung disambut meriah oleh pemerintah setempat. Ia disambut dengan bunga dan cenderamata setempat. 

Dia kemudian melakukan tur ke Rumah Persahabatan Rusia-Korea yang berlokasi di stasiun Vladivostok. Rumah itu dibangun sebelum kakekny, dan pendiri Korut Kim Il Sung melakukan kunjungan ke sana pada 1986. 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA