Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Uni Eropa Dukung Penuh Kesepakatan Nuklir dengan Iran

Selasa 14 May 2019 02:43 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Proyek reaktor nuklir Arak di Iran.

Proyek reaktor nuklir Arak di Iran.

Foto: Reuters/ISNA/Hamid Forootan/Files
Uni Eropa juga menginginkan terhindarnya eskalasi soal nuklir Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS— Uni Eropa mendukung penuh kesepakatan nuklir internasional dengan Iran dan menginginkan kekuatan rival menghindari eskalasi lebih lanjut atas isu tersebut,  

"Kami akan terus mendukungnya sekuat yang kami bisa dengan segenap instrumen kami dan seluruh kehendak politik kami," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Senin (13/5) di hadapan wartawan sebelum menggelar rapat dengan menteri luar negeri Inggris, Prancis dan Jerman, yang menandatangani kesepakatan tersebut.

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo diperkirakan akan bertemu dengan para pejabat Uni Eropa di Brusel pada Senin guna membicarakan soal Iran.

Mogherini menuturkan mendapat kabar pada malam menjelang kedatangan Pompeo yang mengunjungi Brussels, tempat para menteri luar negeri Uni Eropa mengadakan pertemuan rutin setiap bulan.

"Kami akan berada di sini sepanjang hari dengan agenda yang padat. Jadi nanti siang kami akan melihat bagaimana dan apakah akan mengatur pertemuan atau tidak. Dia selalu disambut, namun belum ada rencana pasti untuk saat ini," ujar Mogherini.

 

Sumber : Reuters/Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA