Selasa 18 Jun 2019 01:40 WIB

Wali Kota London Sebut Trump Sebagai Contoh Orang Rasis

Sebelumnya Trump mengkritik atas kejahatan senjata tajam di London.

Rep: lintar satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Presiden AS, Donald Trump
Foto: EPA
Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Walikota London Sadiq Khan menyebut presiden AS Donald Trump 'contoh orang' rasis. Sebelumnya Trump mengkritiknya atas kejahatan senjata tajam di London.

Trump mencuit ulang pernyataan komentator sayap-kanan Katie Hopkins yang menyalahkan Khan atas tingkat kejahatan senjata tajam di London yang ia sebut sebagai 'Khan Londonistan'. Menyinggung asal usul Khan yang berasal dari Pakistan.

Baca Juga

"Sangat luar biasa Anda mendapati presiden AS memperkuat cuitan aktivis sayap-kanan, memperkuat cuitan rasis," kata Khan berbicara di pusat kota London, seperti dilansir dari BBC, Senin (18/6).

Hopkins menyebutkan dua puluh jam ada dua orang yang tewas ditusuk, satu orang tewas ditembak dan tiga orang ditusuk tapi tidak meninggal. Khan mengatakan ia khawatir dengan perilaku Trump.

"Yang saya khawatirkan tentang Donald Trump, sekarang ia terlihat sebagai contoh untuk orang rasis di seluruh dunia, apakah Anda orang rasis di negara ini, apakah Anda orang rasis di Hungaria, orang rasis di Italia, atau orang rasis di Prancis," kata Khan.

Sejumlah orang menyerang balik tinggi tingkat kejahatan di kota-kota AS. Menteri Luar Negeri dan kandidat perdana menteri Jeremy Hunt mengatakan ia 150 persen setuju dengan Trump.

"London membutuhkan walikota baru sesegera mungkin, Khan adalah bencana, hanya lebih buruk lagi," cuit Trump.

Hunt membela Trump dengan mengatakan presiden AS ke-45 itu memiliki gaya tersendiri. Hunt mengatakan sebagai walikota London, Khan gagal menangani kejahatan senjata tajam.

"Dan ia lebih banyak menghabiskan waktu dalam politik dibandingkan pekerjaan sebenarnya membuat warga London lebih aman dan saya 150 persen sejutu dengan presiden," kata Hunt saat menyambangi Partai Konservatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement