Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Wali Kota London Sebut Trump Sebagai Contoh Orang Rasis

Selasa 18 Jun 2019 01:40 WIB

Rep: lintar satria/ Red: Dwi Murdaningsih

Presiden AS, Donald Trump

Presiden AS, Donald Trump

Foto: EPA
Sebelumnya Trump mengkritik atas kejahatan senjata tajam di London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Walikota London Sadiq Khan menyebut presiden AS Donald Trump 'contoh orang' rasis. Sebelumnya Trump mengkritiknya atas kejahatan senjata tajam di London.

Baca Juga

Trump mencuit ulang pernyataan komentator sayap-kanan Katie Hopkins yang menyalahkan Khan atas tingkat kejahatan senjata tajam di London yang ia sebut sebagai 'Khan Londonistan'. Menyinggung asal usul Khan yang berasal dari Pakistan.

"Sangat luar biasa Anda mendapati presiden AS memperkuat cuitan aktivis sayap-kanan, memperkuat cuitan rasis," kata Khan berbicara di pusat kota London, seperti dilansir dari BBC, Senin (18/6).

Hopkins menyebutkan dua puluh jam ada dua orang yang tewas ditusuk, satu orang tewas ditembak dan tiga orang ditusuk tapi tidak meninggal. Khan mengatakan ia khawatir dengan perilaku Trump.

"Yang saya khawatirkan tentang Donald Trump, sekarang ia terlihat sebagai contoh untuk orang rasis di seluruh dunia, apakah Anda orang rasis di negara ini, apakah Anda orang rasis di Hungaria, orang rasis di Italia, atau orang rasis di Prancis," kata Khan.

Sejumlah orang menyerang balik tinggi tingkat kejahatan di kota-kota AS. Menteri Luar Negeri dan kandidat perdana menteri Jeremy Hunt mengatakan ia 150 persen setuju dengan Trump.

"London membutuhkan walikota baru sesegera mungkin, Khan adalah bencana, hanya lebih buruk lagi," cuit Trump.

Hunt membela Trump dengan mengatakan presiden AS ke-45 itu memiliki gaya tersendiri. Hunt mengatakan sebagai walikota London, Khan gagal menangani kejahatan senjata tajam.

"Dan ia lebih banyak menghabiskan waktu dalam politik dibandingkan pekerjaan sebenarnya membuat warga London lebih aman dan saya 150 persen sejutu dengan presiden," kata Hunt saat menyambangi Partai Konservatif.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA