Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Spanyol Selamatkan 292 Imigran

Selasa 18 Jun 2019 03:35 WIB

Rep: lintar satria/ Red: Dwi Murdaningsih

Imigran Afrika di Laut Mediterania. (ilustrasi)

Imigran Afrika di Laut Mediterania. (ilustrasi)

Foto: AP Photo/Rene Rossignaud
Tim Spanyol menyelamatkan lima kapal.

REPUBLIKA.CO.ID, GIBRALTAR -- Tim penyelamat maritim Spanyol berhasil menyelamatkan 292 imigran yang mencoba menyeberangi Laut Mideterania. Para imigran itu datang dari Afrika Utara menuju Eropa.

Tim penyelamat Spanyol mengatakan pada hari Senin (17/6) berhasil menyelamat lima kapal. Termasuk di dalamnya ada 17 perempuan dan tiga orang anak-anak.

Mereka menjemput para imigran itu dari bagian Laut Mideterania yang dikenal sebagai Laut Alboran. Tim penyelamat Spanyol juga menyelamat imigran di Selat Gibraltar.

Stasistik Kementerian Dalam Negeri Spanyol menunjukan sebanyak 8.800 imigran tiba ke negara mereka pada tahun lalu. Turun hampir 18 persen dibandingkan tahun lalu.

Beberapa ratus imigran diselamatkan dalam 24 jam terakhir. Hal ini sudah tidak terjadi lagi sejak beberapa tahun terakhir ketika Spanyol menjadi titik masuk imigran yang menuju Eropa.

Cuaca yang bagus biasanya menyebabkan lalu lintas penyeberang imigran meningkat. Beberapa jam sebelumnya penjaga pantai Turki menyelamatkan 31 imigran dari kapal tenggalam di Laut Aegean.

Penjaga Laut Turki mengatakan total imigran yang tewas naik menjadi 12 orang setelah sebelumnya mereka melaporkan hanya delapan orang. Mereka mengatakan didalam kapal yang tenggalam mereka menemukan 12 jenazah orang yang tidak berhasil diselamatkan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA