Senin 21 May 2018 10:30 WIB

Maduro Diperkirakan Menangkan Pilpres

Pemungutan suara akan dapat memicu sanksi tambahan dari AS dan kecaman Uni Eropa

Rep: Crystal Liestya/ Red: Bilal Ramadhan
Ratusan orang menggelar aksi damai di berbagai kota di Venezuela sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.
Foto: EPA
Ratusan orang menggelar aksi damai di berbagai kota di Venezuela sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Presiden Venezuela Nicolas Maduro kembali memenangkan pemilihan umum di negara Amerika Latin itu. Terlepas dari ketidakpopulerannya atas krisis ekonomi anggota OPEC, politisi berusia 55 tahun itu mendapat manfaat dari saingan-saingan arus utama, dan lembaga-lembaga negara di tangan para loyalis.

Pemungutan suara yang digelar pada Ahad (20/5) dapat memicu sanksi tambahan dari Amerika Serikat (AS), dan lebih banyak kecaman dari Uni Eropa dan Amerika Latin. Pemerintah Trump mengatakan tidak akan mengakui pemilihan yang mereka sebut palsu itu dan sedang mempertimbangkan sanksi minyak.

Sementara Maduro yang mengklaim diri sebagai anak Hugo Chavez, mengaku bahwa ia sedang berjuang melawan imperialis yang ingin menghancurkan sosialisme dan mengambil alih cadangan minyak Venezuela. Namun menurut para penentangnya, ia telah menghancurkan ekonomi negara yang dulu kaya dan melibas perbedaan pendapat tanpa ampun.

Penantang utama Maduro adalah mantan Gubernur negara bagian Henri Falcon. Ia menggambarkan kemarahan di antara 30 juta orang Venezuela karena meningkatnya kemiskinan mereka.

Meskipun beberapa jajak pendapat telah menunjukkan Falcon akan menang, para analis mengatakan peluangnya tipis. Itu karena banyaknya angka abstensi, serta kekuatan suara dari derma negara dan sekutu Maduro di dewan pemilihan.

Hasilnya diperkirakan akan keluar menjelang malam. Menurut penghitungan cepat Koalisi Persatuan Demokratik, yang memboikot pemungutan suara, memperkirakan jumlah pemilih mencapai 25,8 persen pada pukul 13.00 WIB siang waktu setempat.

Namun ada beberapa yang perlu digarisbawahi, di beberapa tempat pemungutan suara di kubu pemerintah yang lebih miskin, mayoritas pemilih yang diwawancarai mengatakan mereka mendukung Maduro.

"Saya lapar dan tidak punya pekerjaan, tapi saya tetap berpegang pada Maduro," kata Carlos Rincones (49 tahun), yang tinggal di kota industri Valencia yang dulu berkembang.

Dia menuduh pemilik bisnis sayap kanan sengaja menyembunyikan makanan sehingga harga meroket. Pemerintah telah menetapkan apa yang disebut zona titik merah di dekat tempat pemungutan suara, sehingga orang Venezuela dapat memindai 'kartu tanah air' yang dikeluarkan negara yang digunakan untuk menerima manfaat termasuk kotak makanan dan transfer uang.

Maduro telah menjanjikan 'hadiah' untuk mereka yang melakukan pemindaian kartu tersebut. Kritik mengatakan itu adalah cara menakut-nakuti rakyat Venezuela yang miskin untuk mendukung pemerintahannya.

Sementara itu, tim Falcon mengatakan menerima sekitar 900 keluhan tentang 'titik merah'. Beberapa pegawai negara juga mengatakan bahwa mereka ditekan untuk memilih.

Sementara aktivis pro-pemerintah berada di sekitar beberapa tempat pemungutan suara, mengatakan mereka 'membantu' pemilih. Selain itu yang juga menyakiti perjuangan Falcon karena memecah suara anti-Maduro adalah pastor evangelis Javier Bertucci.

Ia telah mengambil cukup banyak pendukung, paling tidak berkat pemberian sup gratisnya. Banyak orang Venezuela kecewa dan marah atas pemilihan, di mana mereka mengkritik Maduro atas kesulitan ekonomi dan oposisi karena perpecahan disfungsionalnya.

Terguncang dari resesi tahun kelima, jatuhnya produksi minyak, dan sanksi AS, Venezuela mengalami peningkatan tingkat kekurangan gizi, hiperinflasi, dan emigrasi massal. "Saya pikir agresi konstan dari pemerintah Ku Klux Klan ini kehilangan kredibilitas," kata Maduro pada Ahad (20/5), menyalahkan pemerintahan Presiden AS Donald Trump untuk kekacauan Venezuela.

Pendatang Venezuela mementaskan protes anti-Maduro kecil di kota-kota dari Madrid ke Miami. Di kota dataran tinggi San Cristobal dekat Kolombia, tiga boneka kain yang mewakili banyak pejabat yang dibenci, digantung di jembatan penyeberangan.

Ketiga boneka kain itu menggambarkan Presiden Dewan Pemilihan Tibisay Lucena, Partai Sosialis nomor dua Diosdado Cabello dan Wakil Presiden Tareck El Aissami. Tapi jalan-jalan tenang, dengan anak-anak bermain sepak bola di satu jalan di San Cristobal yang diblokir pada pemilihan untuk mengakomodasi garis pemilih yang panjang.

Bagi banyak orang Venezuela, hari Ahad adalah hari untuk mencari sedikit makanan atau persediaan air, yang semakin menipis karena kurangnya investasi selama bertahun-tahun.

"Saya tidak memilih, apa gunanya jika kita sudah tahu hasilnya? Saya lebih suka datang ke sini untuk mendapatkan air daripada membuang-buang waktu saya," kata Raul Sanchez, yang sedang mengisi kendi dari keran di jalan yang sibuk di utara kota barat Punto Fijo yang gersang. Komunitasnya belum memiliki air selama 26 hari.

Televisi negara mendesak warga Venezuela untuk memilih dan Maduro mengumumkan transportasi ke tempat pemungutan suara akan difasilitasi. Hal itu menurut pihak oposisi adalah upaya untuk melegitimasi kemenangan Maduro.

Namun beberapa pendukung oposisi meyakini boikot itu hanya akan memuluskan jalan Maduro. Mereka berpendapat para pesaing Maduro harus bertarung dengannya di kotak suara meskipun permainan di lapangan tidak adil.

"Saya memilih karena oposisi tidak memiliki cadangan apa pun yang akan kami lakukan saat Maduro menang hari ini. Saya ingin mimpi buruk ini berhenti," kata seorang guru di Valencia, Luisa Marquez (56 tahun).

Jika Maduro menang, ia dapat memilih untuk memperdalam pembersihan kritik yang sukses dalam gerakan 'Chavisme' yang berkuasa. Di luar negeri, Maduro kemungkinan akan menghadapi protes Barat lebih lanjut jika dia menang.

Meskipun Rusia dan Cina tetap bersekutu dan telah menjadi pendukung keuangan yang penting. Maduro menghadapi tugas 'Hercules' untuk membalikkan ekonomi yang hampir mati.

Menurut Majelis Nasional, mata uang bolivar turun 99 persen pada tahun lalu dan inflasi pada 14 ribu persen tahunan. Perusahaan multinasional juga telah meninggalkan atau meminimalkan operasi di Venezuela.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement